You are here

Workshop Pemutakhiran Silabus dan Pengembangan Kurikulum Prodi Dikdas PPs UNY

Perkembangan ilmu pengetahuan harus terus direspon secara berkelanjutan, terutama dalam dunia teaching and learning sehingga perlu adanya kegiatan pembelajaran yang berkualitas dan up to date. Salah satu komponen pembelajaran yang perlu terus dikembangkan adalah perangkat pembelajaran berupa silabus mata kuliah, termasuk silabus perkuliahan di Prodi Dikdas.

Untuk menjawab permasalahan bagaimana melaksanakan pembelajaran yang berkualitas, sebagaimana tersebut di atas, maka perlu mewujudkan pembelajaran yang up to date. Pembelajaran yang berkualitas dan up to date diawali dengan perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran yang baik pula. Perencanaan pembelajaran sebagai komponen keberhasilan pembelajaran merupakan penjabaran bagaimana suatu konsep ilmu pengetahuan dan kompetensi yang harus dikuasai mahasiswa dibelajarkan kepada dan oleh peserta didik dalam hal ini adalah mahasiswa. Ketika ilmu pengetahuan dan teknologi mengalami perkembangan yang pesat sebagai konsekuensinya adalah bagaimana konsep pengetahuan tersebut dapat tersampaikan kepada mahasiswa secara tepat. Oleh karena itu,  perlu dilaksanakan pemutakhiran silabus sebagai respon terhadap perkembangan ilmu itu sendiri.

Workshop silabus mata kuliah yang diadakan Prodi Dikdas pada Jumat, 11 Oktober 2013 di Aula Program Pascasarjana UNY tersebut dihadiri oleh para dosen pengajar di prodi tersebut. Kegiatan tersebut bertujuan untuk menyusun silabus mata kuliah semester gasal tahun ajaran 2013/2014.  Sekprodi Dikdas, Dr. Ali Mustadi, M.Pd., berharap bahwa dengan adanya workshop tersebut, silabus mata kuliah Semester Gasal Prodi Dikdas yang baru dapat tersusun dengan baik dan sistematis sehingga kualitas perkuliahan dan kompetensi mahasiswa Prodi Dikdas meningkat.

Selanjutnya di hari dan ruang yang sama juga diadakan koordinasi pembimbingan Tesis mahasiswa Dikdas. Kegiatan yang dihadiri dosen pembimbing tesis tersebut diharapkan ada semangat kolektif antara pengelola Program Studi Dikdas, pembimbing, dan mahasiswa, sehingga proses penyusunan tesis mahasiswa bisa optimal dan efektif. Pada akhirnya mahasiswa  mampu menyelesaikan studinya tepat waktu dengan tetap memperhatikan kualitas dan mutu tesisnya.

Pada sore harinya Dr. Ali Mustadi mendampingi para pakar Pendidikan Dasar di UNY antara lain, Prof. Dr. Marsigit, M.A., Dr. Udik Budi Wibowo dan Dr. Pratiwi Pujiastuti, M.Ed. untuk mengikuti Workshop Evaluasi dan Pengembangan Kurikulum Prodi Dikdas. Kegiatan ini diharapkan mampu menjawab tantangan  perkembangan yang dinamis dan untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa dan perkembangan kebijakan kurikulum nasional terutama setelah diberlakukannya kurikulum 2013 dan KKNI. Selain itu diharapkan kurikulum Prodi Dikdas yang baru dan up to date dapat terdokumentasi dengan baik sehingga kualitas perkuliahan dan kualitas kompetensi lulusan Prodi Dikdas dapat meningkat pula. (Rb)

Kontak Kami

PROGRAM PASCASARJANA

Kampus Karangmalang, Yogyakarta 55281
Telp. +62274-550836 (front office), Hunting +62274-586168, Psw. 229; 285; & 367
Fax. +62274-520326
Website : 
http://pps.uny.ac.id
Contact Persons :

Sujarwo (081578886039)