You are here

Ryo Suzuki Ajarkan Penerapan Lesson Study dalam Pembelajaran

Pada hari Senin, 2 Desember 2013 Prodi Pendidikan Dasar (Dikdas) mengadakan kuliah umum yang menghadirkan Ryo Suzuki (JICA Expert for Lesson Study) dari Japan International Center Academy. Acara ini dibuka oleh Prof Dr. Muhyadi selaku Asisten Direktur 2 PPs UNY. Dalam sambutannya, beliau berharap kesempatan ini dapat dipergunakan sebaik-baiknya untuk memperoleh pengetahuan baru terkait proses pembelajaran khususnya lesson study. Jepang merupakan negara yang mengembangkan konsep dan praktik lesson study.

Dalam kesempatan yang sama, kaprodi S2 Dikdas PPs UNY, Dr. Muh. Nur Wangid, menyampaikan model kuliah umum kali ini berbeda dengan biasanya. Peserta dibuat kelompok dengan anggota 6 orang. Model yang dikehendaki narasumber tersebut, beliau meminta peserta untuk mengikutinya agar bisa mendapatkan inspirasi dan ilmu untuk menerapkan lesson study mulai dari tingkat sekolah dasar.

Sepanjang kuliah umum mahasiswa diajak aktif untuk menikmati bagaimana seharusnya leson study  dilakukan di sekolah. Ryo Suzuki menekankan bahwa dalam pembelajaran harusnya peserta didik dapat menikmati jalannya pembelajaran dan merasakan kesenangan karena dengan kesenangan akan membuat mereka menikmati dan memahami pembelajaran. Tidak hanya peserta didik yang harus senang namun guru juga harus senang dalam proses belajar mengajar.

Pembelajaran yang baik adalah pembelajaran yang mampu membuat peserta didik menemukan apa yang diinginkan dari proses belajar mengajar sehingga tidak hanya berupa hafalan. Itulah yang ditekankan oleh Ryo Suzuki. Mahasiswa diajak untuk berperan menjadi guru yang hendak mengajar, berpikir mulai dari perencaaan pembelajaran hingga membayangkan ekspresi apa yang akan mereka terima dari peserta didik sebagai hasil dari pelaksaaanan rencana mereka dan apa solusi dari permasalahan yang muncul di sepanjang proses pembelajaran. Suasana kuliah umum mejadi semakin hidup dengan praktik yang harus dilalui oleh mahasiswa.

Oleh Ryo Suzuki, orang Jepang yang sudah fasih berbahasa Indonesia, mahasiswa diberikan materi yang harus didskusikan oleh kelompok masing-masing. Seakan-akan mereka praktik langsung mengajar di kelas. Berbagai macam konsep dan pemikiran muncul dari diskusi tersebut. Peserta sangat antusias mengikuti acara ini. Beberapa berkesempatan menyampaikan pendapat mereka dalam hal lesson study ini.

Tak terasa waktu sudah menginjak siang. Peserta masih sangat asyik dengan diskusinya. Mr. Ryo menyudahi kuliah umumnya. Beliau menutup dengan berharap mahasiswa bisa membuat Learning Community. Mereka bisa sharing dengan grup di Facebook Learning Comunity in Indonesia. (Isna W.)
 

Kontak Kami

PROGRAM PASCASARJANA

Kampus Karangmalang, Yogyakarta 55281
Telp. +62274-550836 (front office), Hunting +62274-586168, Psw. 229; 285; & 367
Fax. +62274-520326
Website : 
http://pps.uny.ac.id
Contact Persons :

Sujarwo (081578886039)