Riset dan Praktik Pembelajaran PGSD di Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Program Pendidikan Dasar di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) merupakan salah satu program studi S-2 yang ada dalam program Pascasarjana UNY yang diselenggarakan mulai tahun 2006. Salah satu tujuan prodi Dikdas S-2 adalah menghasilkan lulusan yang berkeahlian di bidang pendidikan dasar sebagai calon pendidik (dosen) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dengan kualifikasi magister pendidikan yang berlandaskan ketaqwaan, kemandirian, dan kecendikiaan. Dengan tujuan sebagaimana tersebut, prodi Dikdas PPs UNY menetapkan beragam mata kuliah yang harus ditempuh, salah satunya Riset dan Praktik Pembelajaran PGSD.

Praktikan berkesempatan untuk melaksanakan riset dan praktik pembelajaran di PGSD Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, salah satu perguruan tinggi swasta yang terletak di Yogyakarta. Mahasiswa yang diajar adalah mahasiswa semester 3, dengan mata kuliah Pendidikan IPA Terpadu SD. Sebelum melakukan riset dan praktik, terlebih dahulu dilaksanakan observasi untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran dan kondisi kelas yang akan diajar. Setelah mengetahui bagaimana kondisi kelas, praktikan mulai menyusun perangkat pembelajaran yang digunakan untuk mengajar nantinya. Riset yang dilakukan adalah kuasi eksperimen, dengan judul Pengaruh Metode Group Investigation terhadap Keaktifan Belajar Mahasiswa. Riset ini menggunakan satu kelompok eksperimen dan satu kelompok kontrol. Adapun hasil dari riset ini menunjukan bahwa metode group investigation berpengaruh terhadap keaktifan belajar mahasiswa.

Dengan adanya mata kuliah ini, terdapat banyak manfaat yang diperoleh mahasiswa. Mahasiswa mendapat kesempatan untuk menerapkan dan mengembangkan ilmu yang telah didapat selama kuliah. Mahasiswa juga mendapatkan pengalaman nyata dengan melihat dan merasakan secara langsung bagaimana suasana dan kondisi dari proses pembelajaran di suatu lembaga pendidikan yang sesungguhnya.

(Wahyu Bintari Rahmadani/ 15712251060)