You are here

RISET DAN PRAKTIK PEMBELAJARAN PGSD DI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI YOGYAKARTA (UIN) SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

.Mata kuliah riset dan praktik pembelajaran PGSD merupakan salah satu mata kuliah wajib yang harus ditempuh mahasiswa semester 3 Pendidikan dasar (DIKDAS) Pascasarjana UNY. Tujuan dari mata kuliah ini adalah agar mahasiswa terampil menganalisis masalah belajar dan pembelajaran di PGSD dengan penuh tanggungjawab, dan mampu menerapkan pemecahannya melalui riset, serta merancang, melaksanakan, dan menilai proses dan hasil pembelajaran melalui pendekatan/model/metode yang tepat. Universitas yang dipilih sebagai tempat melakukan riset dan praktik pembelajaran adalah di PGMI Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta. Sebelum terjun ke lapangan untuk melakukan riset dan praktik pembelajaran terlebih dahulu mahasiswa diberikan pembekalan terkait dengan proses pelaksanaan riset dan praktik pembelajaran seperti penyususunan Satuan Acara Perkuliahan (SAP) dan Rencana Pembelajaran Semester (RPS).

Penerjunan dilaksanakan pada tanggal 22 September 2016 kemudian diikuti dengan observasi di kelas B dan C tempat melaksanakan riset dan praktik pembelajaran selama 3 kali. 1 kali di kelas B  dan 2 kali di kelas C. Berdasarkan hasil observasi di kelas B dan kelas C Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di kelas B dan kelas C dapat disimpulkan bahwa dosen masih belum dapat menggunakan dan menempatkan setiap struktur sebagaimana mestinya, sehingga dalam proses perkuliahan masih kurang memperhatikan pemilihan strategi, metode dan pendekatan pembelajaran. Selain itu, dosen cenderung memberikan informasi searah dimana peranan dosen jauh lebih dominan dalam proses perkuliahan sehingga partisipasi dan keaktifan dalam belajar mahasiswa kurang. Akibatnya akan mengarah pada proses perkuliahan yang kaku dan pasif. Selain itu juga, masih kurangnya rangsangan terhadap kemampuan berfikir mahasiswa, yang akhirnya bermuara pada hasil belajar mahasiswa yang diperoleh dalam pembelajaran yang kurang optimal. Model pembelajaran yang dipilih sebagai alternatif dalam masalah ini adalah model pembelajaran tipe Numbered head Together (NHT) dan tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Sehingga riset yang diambil berjudul “Komparasi pembelajaran dengan model pembelajaran Numbered head Together  (NHT) dengan Student Teams Achievement Division (STAD)  terhadap hasil belajar Mahasiswa Semester 3 Pada Mata kuliah Matematika II di PGMI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Mata kuliah ini sangat banyak memberikan saya manfaat dalam memperluas pengetahuan dan wawasan yang sangat saya butuhkan untuk menjadi pendidik yang berkualitas,  kegiatan ini yang secara langsung melibatkan individu di dalam lingkungan serta berusaha mencari solusi terhadap masalah yang dihadapi di lapangan. Semoga apa yang saya dapatkan ini dapat bermanfaat untuk diri sendiri dan lingkungan.

 

Kontak Kami

PROGRAM PASCASARJANA

Kampus Karangmalang, Yogyakarta 55281
Telp. +62274-550836 (front office), Hunting +62274-586168, Psw. 229; 285; & 367
Fax. +62274-520326
Website : 
http://pps.uny.ac.id
Contact Persons :

Sujarwo (081578886039)