You are here

Riset dan Praktik Pembelajaran PGSD di Universitas Ahmad Dahlan

Salah satu mata kuliah yang ada di semester 3 adalah mata kuliah Riset dan Praktik Pembelajaran di PGSD. Mata Kuliah Riset dan Praktik Pembelajaran di PGSD ini memberikan kesempatan dan pengalaman kepada mahasiswa agar mampu mempersiapkan diri sebelum terjun kedunia kerja. Universitas Ahmad Dahlan merupakan salah satu universitas di Yogyakarta yang telah menjalin kerja sama dengan Universitas Negeri Yogyakarta. Salah satu prodi yang ada di Universitas Ahmad Dahlan adalah Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Sebelum melakukan praktik dan riset praktikan mendapatkan bimbingan menyusun Rancangan Pembelajaran Semester (RPS) dan Satuan Acara Perkuliahan (SAP) oleh bapak Dr. Ali Mustadi selaku dosen pengampu mata kuliah riset dan praktik pembelajaran PGSD. Pelaksanaan praktik diawali dengan melakukan observasi awal dan wawancara singkat dengan bapak Hengkang Bara Saputo, M.Pd selaku dosen pamong. Observasi lapangan merupakan salah satu kegiatan penting dalam persiapan praktik pembelajaran. Dalam observasi tersebut, praktikkan mengamati proses pembelajaran yang dilakukan oleh dosen pamong dan memperhatikan respon mahasiswa selama proses pembelajaran.

Praktik pembelajaran dilaksanakan di Kampus 5 Universitas Ahmad Dahlan yang beralamat di di Jalan Ki Ageng Pemanahan No. 19 Sorosutan Yogyakarta. Mata kuliah yang diajarkan oleh praktikan adalah konsep dasar matematika tentang konsep dasar himpunan. Praktik perkuliahan dimulai dengan memberikan apersepsi dan motivasi kepada mahasiswa. Kemudian menyampaikan kompetensi dan rencana kegiatan yang akan dilaksanakan selama perkuliahan berlangsung. Kegiatan inti yang dilaksanakan adalah penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT). Tahapan dalam model pembelajaran pada pertemuan ini dimulai dengan dosen menyampaikan materi himpunan. Setelah menyampaikan materi, dosen membimbing mahasiswa untuk berdiskusi secara berkelompok mengerjakan LKM.

Setelah melaksanakan praktik pembelajaran, praktikkan melakukan refleksi. Kegiatan refleksi dilaksanakan untuk mereview kembali materi yang telah diajarkan, sedangkan tes digunakan untuk mengukur sejauh mana pemahaman konsep yang diperoleh mahasiswa selama proses pembelajaran.

Dedi Prasetyo Nugroho, 15712251063

Kontak Kami

PROGRAM PASCASARJANA

Kampus Karangmalang, Yogyakarta 55281
Telp. +62274-550836 (front office), Hunting +62274-586168, Psw. 229; 285; & 367
Fax. +62274-520326
Website : 
http://pps.uny.ac.id
Contact Persons :

Sujarwo (081578886039)