Riset dan Praktik Pembelajaran PGSD di UMM (Unversitas Muhammadiyah Magelang), Teaching with contextual

Mata kuliah praktik pembelajaran merupakan mata kuliah sebagai media bagi mahasiswa calon dosen  untuk dapat mengaplikasikan ilmu, pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh selama perkuliahan. Mata kuliah ini dilaksanakan pada semerter 3 dan mulai terjun ke lapangan pada bulan September. Mata kuliah ini memberikan bekal agar mahasiswa dapat menghadapi permasalahan secara nyata yang terjadi dilapangan. Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD).  

Riset dan praktik pembelajaran merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa pascasarjana khususnya pendidikan dasar (Dikdas). Lokasi riset dan praktik pembelajaran ini dilaksanakan di Universitas Muhammadiyah Magelang. Selain mengajar, mahasiswa juga dituntut untuk melakukan riset berupa penelitian tindakan serta dituntut untuk lebih mengenal komponen-komponen yang ada di universitas pada Program Studi Sekolah Dasar.

Sebelum dilaksanakan riset dan praktik pembelajaram, sebelumnya diberikan pembekalan dan workshop oleh dosen pengampu, yaitu Dr. Haryanto. Wokshop ini bertujuan agar mahasiswa praktikan dapat mengenal, memahami danmelaksanakan kompetensi professional yang seharusnya dimiliki dosen.Workshop diaksanakan kurang lebih 5 pertemuan yang membahas mengenai administerasi dosen, menejemen kelas, rencana indteruksional, pembuatan rps (rencana pembelajaran semester), SAP  (satuan acara perkuliahan), metode pengajaran perkuliahan, dan sebagainya.

                                                                                                                

 

Setelah workshop selesai dilanjutkan dengan melakukan observasi dan dilanjutkan dengan pelaksanaan praktik lapangan. Praktikan yang mengampu mata kuliah IPS, disamping mengajar juga melakasanakan riset berupa penelitian tindakan kelas mengenai peningkatan minat mahasiswa dalam mata kuliah konsep dasar IPS dengan metode CTL (Contextual Teaching and Learning). Pelaksanaan penelitian tindakan mengenai minat tersebut didapatkan praktikan dalam observasi yang  dilaksanakan. Dari hasil yang didapat ternyata mahasiswa menjadi semakin berminat dalam kuliah konsep dar IPS ketika konten dari mata kuliah banyak dihubungkan dengan pengalaman dan kehidupan sehari-hari dan permasalahan yang ditemui dalam kehidupan nyata. Penelitian tindakan dilaksanaksan dalam tiga siklus (miles dan Huberman siklus), yang setiap siklus dilakukan dalam dua pertemuan.

Riset dan praktik pembelajaran sangat bermafaat bagi mahasiswa untuk memberikan bekal permasalahan riil di lapangan. Mata kuliah risetdan praktek pembelajaran dapat diartikan sebagai suatu ajang pelatihan yang bertujuan untuk menerapkan dan menanamkan berbagai pengetahuan, sikap, dan keterampilan dalam rangka membentuk dosen yang professional. Dengan langsung terjun ke lapangan, mahasiswa akan lebih mengetahui karakteristik profesi dan tugas-tugas dosen serta kesulitan-kesulitan yang dihadapi, mengetahui tata kelola atau manajemen suatu universitas yang baik, bagaimana mengatasi masalah-masalah yang ada di dalam kelas dan di luar kelas, serta mampu bersosialisasi dengan dosen di lapangan.

 

oleh

Sukma Wijayanto/dikdas2014/c

14712251065