Riset dan Praktik Pembelajaran Di S1 PGSD UNY

Mahasiswa Program Pascasarjana (PPs)  Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Program Studi Pendidikan Dasar (PD) Konsentrasi Akademisi Tahun Akademik 2015/2016  semester 3 (tiga) melakukan praktik pembelajaran PGSD.  Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh seluruh mahasiswa dari kelas A, kelas B, dan kelas C. Praktik pembelajaran dilaksanakan guna memenuhi tugas mata kuliah Riset dan Praktik Pembelajaran PGSD.

Dalam melaksanakan riset dan praktik pembelajaran, praktikan berkesempatan untuk mengajar mahasiswa PGSD semester 3 kelas D pada mata kuliah Konsep Dasar Matematika. Materi yang disampaikan mengacu pada RPS yang telah disetujui oleh dosen pamong yaitu Bapak Purwono PA, M. Pd. Praktikan melaksanakan praktik pembelajaran mahasiswa PGSD UNY dengan menggunakan media benda konkret. Benda konkret tersebut berupa benda di sekitar yang berbentuk bangun datar dan bangun ruang. Hal tersebut ditujukan untuk menanamkan konsep pembelajaran matematika dan cara mengajarkan kepada peserta didik di sekolah dasar.

Dalam pelaksanaan praktik pembelajaran, Dedi juga melaksanakan riset pembelajaran PGSD berupa pre-eksperimen. Riset tersebut bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran problem solving ditinjau dari prestasi belajar matematika mahasiswa PGSD UNY kelas D. Dari hasil riset dapat diketahui bahwa pembelajaran dengan menggunakan model problem Solving berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika di PGSD. Dari hasil pre-test dan post-test diperoleh rata-rata Indeks Gain sebesar 0,55. Hal ini menunjukan bahwa terdapat peningkatan prestasi belajar sebelum mahasiswa mempelajari materi dan setelah mahasiswa mempelajari materi. Peningkatan yang terjadi sebesar 0,55 tergolong dalam kategori sedang (0,3 < g < 0,7).

(DEDI SULAKSONO, S2 DIKDAS A)