You are here

Riset dan Praktik Pembelajaran di PGSD Universitas Ahmad Dahlan (UAD) dengan Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievement Division (STAD)

Mata Kuliah Riset dan Praktik Pembelajaran PGSD merupakan salah satu mata kuliah semester 3 prodi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Mata kuliah ini diberikan kepada mahasiswa untuk memberikan pengalaman sebelum terjun ke dunia kerja. Mahasiswa diberi pengalaman untuk mengajar dan menghadapi permasalahan yang nyata dalam pembelajaran di lingkungan PGSD. Mata kuliah ini terdiri dari teori dan praktik. Untuk tempat riset dan praktik pembelajaran adalah di universitas atau perguruan tinggi yang disitu terdapat prodi PGSD dan sudah menerapkan kurikulum KKNI.

Salah satu tempat dilaksanakannya riset dan praktik pembelajaran adalah di Prodi PGSD Universitas Ahmad Dahlan (UAD). Sebelum dilaksanakan riset dan praktik pembelajaran, praktikan diberi bimbingan dalam menyusun Rancangan Pembelajaran Semester (RPS) dan Satuan Acara Perkuliahan (SAP) oleh dosen pengampu mata kuliah, yaitu Dr. Ali Mustadi. Setelah itu, dilaksanakan observasi di kelas tempat praktik dan wawancara dengan dosen pamong untuk mengetahui bagaimana permasalahan dalam pembelajaran dan bagaimana learners diversity dari mahasiswa.

Untuk pelaksanaan riset dan praktik pembelajaran, praktikan diberi kesempatan 5 kali pertemuan. Riset dan praktik pembelajaran dilaksanakan pada mata kuliah IPS Dasar, sesuai dengan konsentrasi dari praktikan. Dosen pamong yang membersamai praktikan selama melakukan praktik adalah Ibu Kirana Prama Dewi, S. Sos, M. Pd.  Dalam pelaksanaan riset dan praktik pembelajaran menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Disitu dilihat bagaimana pengaruh pembelajaran STAD terhadap motivasi belajar mahasiswa PGSD UAD dalam pembelajaran IPS Dasar. Dari hasil riset didapatkan bahwa pembelajaran kooperatif STAD memiliki pengaruh positif terhadap motivasi belajar mahasiswa. Mahasiswa menjadi lebih termotivasi dalam mengikuti perkuliahan. Berbeda dengan pembelajaran konvensional dengan metode ceramah dari dosen yang membuat mahasiswa cepat bosan dalam mengikuti perkuliahan.

Pramudya Ikranagara / Dikdas A 2015 / 15712251024

Kontak Kami

PROGRAM PASCASARJANA

Kampus Karangmalang, Yogyakarta 55281
Telp. +62274-550836 (front office), Hunting +62274-586168, Psw. 229; 285; & 367
Fax. +62274-520326
Website : 
http://pps.uny.ac.id
Contact Persons :

Sujarwo (081578886039)