Rapat Tim Redaksi Jurnal Prima Edukasia

Setiap program studi di Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta memiliki jurnal yang dapat diakses secara online oleh berbagai kalangan, baik dosen, mahasiswa, karyawan, maupun dibaca oleh masyarakat umum. Salah satu jurnal yang dimiliki oleh prodi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta adalah Jurnal Prima Edukasia. Jurnal tersebut sudah terbit sejak tahun 2013. Di dalam jurnal Prima Edukasia memuat dan menyebarluaskan hasil-hasil penelitian dan kajian ilmiah dosen, penelitian tesis mahasiswa S2, dan penelitian disertasi mahasiswa S3 tentang pendidikan dasar dari bebagai perguruan tinggi di Indonesia. Artikel tersebut dapat digunakan sebagai acuan bagi mahasiswa untuk menyelesaikan Tesis ataupun skripsi. Jurnal Prima Edukasi disusun oleh dosen-dosesn dari prodi Pendidikan Dasar. Adapun yang menjadi ketua Dewan Redaksi adalah Dr, Muhammad Nur Wangid, M.Si., yang juga merupakan Kaprodi dari prodi Pendidkan Dasar.

Pada hari Kamis, 7 Januari 2016 diadakan rapat untuk membahas beberapa agenda yang terkait dengan jurnal Prima Edukasia. Rapat tersebut bertempat di Gedung Baru Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta yakni di ruang 1.13 dan dimulai pukul 10.00-selesai. Dalam rapat tersebut dihadiri oleh beberapa dosesn dari prodi Pendidikan Dasar antara lain, Dr. Muhammad Nur Wangid, M.Si., Dr. Ali Mustadi, M.Pd., Dr Eny Zubaedah, M.Pd., Prof. Dr. Marsigit, M.A, Dr. Pratiwi Pujiastuti, M.Pd., Dr. Anwar Senen, M.Pd., Prof. Suhardi., dan dari pihak jurnal PPs UNY diwakili oleh Syarief Fajarruddin.

Rapat tersebut membahas beberapa hal antara lain, menyeleksi artikel yang akan diterbitkan pada tahun 2016, menugaskan reviewer untuk terbitan tahun 2016, pelatihan review online untuk jurnal Prima Edukasia, sosialisasi persiapan akreditasi Jurnal Prima Edukasia, pembuatan akun google scholar bagi dosen prodi Pendidikan Dasar yang belum memiliki akun tersebut, dan evaluasi Dewan Redaksi Jurnal Prima Edukasia.

Dalam menyeleksi artikel yang akan dimuat dalam Jurnal Prima Edukasia tahun 2016 mempertimbangkan beberapa hal antara lain, artikel tersebut layak terbit dan isinya tentunya berhubungan dengan prodi Pendidikan Dasar. Kemudian reviewer ditugaskan untuk mereview artikel-artikel yang akan diterbitkan dalam Jurnal Prima Edukasia pada tahun 2016 sebelum dimasukkan ke dalam redaksi Jurnal PPs UNY. Untuk yang selanjutnya adalah sosialisasi persiapan akreditasi Jurnal Prima Edukasia. Sosialisasi ini diharapkan dapat menjadikan Jurnal Prima Edukasia menjadi semakin baik dan berkembang sehingga menarik minat berbagai kalangan untuk membacanya dan jurnal tersebut dapat memperoleh Akreditasi Nasional . (Dian Ikawati R.)