PROSES PELAKSANAAN RISET DAN PRAKTIK PEMBELAJARAN DI PGMI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

.PROSES PELAKSANAAN RISET DAN PRAKTIK PEMBELAJARAN

DI PGMI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

Riset dan praktik pembelajaran PGSD merupakan mata kuliah mahasiswa pendidikan dasar pasca sarjarana UNY. Mata  kuliah ini dilaksanakan selama satu semster pada semester 3. Sebelum menjalani mata kuliah tersebut, mahasiswa perlu mencari universitas untuk melaksanakan praktik mengajar.

Saya bersama 5 orang mahasiswa lainnya melaksanakan praktik mengajar di UIN Sunan Kalijaga Yogjakarta. Hal tersebut dikarenakan UIN Sunan Kalijaga telah memenuhi syarat di lakukannya praktik. Syarat tersebut, yaitu menggunakan kurikulum KKNI, bertempat di Yogyakarta, mendapat ijin dari Kaprodi tempat praktik. Penerjunan untuk praktik dilaksanakan pada hari kamis, 22 September 2016.

Setelah penerjuanan dilaksanakan, mahasiswa bersama dosen pamong membahas pelaksanaan dan ketentuan praktik mengajar yang disertai dengan riset yang akan dilakukan. Saya diberi kesempatan untuk observasi selama 2 minggu dan mengajar selama 5 minggu dengan 5 kali pertemuan. Selama 5 kali pertemuan tersebut, saya memahami karakteristik belajar mahasiswa, kelebihan dan kekurangan proses dan hasil pembelajaran, dan mencari solusi untuk permasalahan tersebut. Solusi tersebut yang akan menjadi riset saya.

Saya senang melaksakan riset dan praktik pembelajaran. Karena hal tersebut memberikan pengalaman dan pembelajaran yang berharga untuk saya. Semoga dengan mata kuliah riset ini, mahasiswa, khususnya mahasiswa DIKDAS Pasca Sarjana UNY dapat menambah ilmu pengetahuan dan pengalaman mengajar  sebagai bekal untuk masa depan. 

 

LINA HAPSARI 15712251010