Praktik UNY PGSD: Kolaborasi STAD dan Mind Mapping

PGSD di Universitas Negeri Yogyakarta memiliki 6 kelas yang melakukan perkuliahan dikampus Mandala, Bantul dan Wates. Ariani Rahmawati, S. Pd. Selaku mahasiswa praktikan mendapatkan kesempatan melakukan praktik dikelas 2D kampus Bantul. Kesempatan yang diberikan oleh dosen pamong yaitu Pak Ikhlasul Ardi Nugroho, M. Pd. Dengan mata kuliah Konsep Dasar IPA SD. Kegiatan ini dilakukan untuk memenuhi tugas mata kuliah Riset dan Praktik Pembelajaran PGSD yang diampu oleh Dr. Ali.Mustadi, M.Pd.

Tujuan dilakukannya Mata Kuliah ini memberikan wawasan kepada calon dosen dalam menerapkan Tridarma Dosen yaitu sebagai pendidik, peneliti dan melakukan pengabdian masyarakat. Dalam pelaksanaannya, mahasiswa praktikan mengajar enam pertemuan sesuai dengan konsentrasi yaitu mata kuliah Ilmu Pengetahuan Alam. Selama praktik berlangsung, praktikan telah menerapkan berbagai inovasi yaitu menerapkan model yang sesuai agar mahasiswa lebih termotivasi dalam mengikuti perkuliahan. Melalui kolaborasi Model STAD dan mind mapping dapat menciptakan perkuliahan yang asyik dan manyenangkan. Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk berpendapat dan berkreasi dalam bentuk mind mapping. Pemilihan model STAD dilatar belakangi karena mahasiswa masih pasif dalam perkuliahan, dengan menggunakan model STAD mahasiswa lebih aktif karena bekerja dalam kelompok dan berkontribusi dalam pengerjaan LKM. LKM yang diberikan dalam bentuk pembuatan mind mapping, diharapkan dengan mind mapping mahasiswa lebih kreatif dan aktif.

Materi yang disajikan sesuai dengan KKNI yang berlaku di PGSD UNY, yaitu menganalisis berbagai model pembelajaran IPA. Tujuan dari kegiatan tersebut yaitu, diharapkan mahasiswa mampu untuk menerapkan model pembelajaran yang sesuai dan cocok dengan materi IPA SD. Hasil akhinya mahasiswa mampu menyusun skenario pembelajaran yang cocok untuk siswa SD. Penilaian yang dilakukan melalui tes atau evaluasi untuk mengetahui pemahaman materi mahasiswa yang diadakan pada akhir pertemuan. Riset yang dilakukan dalam bentuk praktik ini mengambil judul “pengaruh model STAD terhadap Pemahaman Materi PGSD Kelas 2D di UNY”. Judul yang diambil sesuai dengan permasalahan yang ditemui praktikkan selama observasi.