PRAKTIK DAN RISET MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) DI PGMI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

Riset dan Praktik Pembelajaran PGSD merupakan salah satu mata kuliah yang dilaksanakan di semester 3 Program Studi Pendidikan Dasar (DIKDAS) Universitas Negeri Yogyakarta. Pada perkuliahan ini, mahasiswa mencari salah satu universitas yang akan dijadikan tempat untuk pelaksanaan Riset dan Praktik Pembelajaran.  Salah satu Univeritas yang dipilih adalah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.   

UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta merupakan salah satu Universitas yang dipilih untuk dijadikan tempat riset dan praktik pembelajaran. Universitas ini beralamat di Jalan Laksda Adisucipto, Depok, Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. UIN Sunan Kalijaga merupakan kampus islami yang memiliki banyak fakultas salah satunya Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Salah satu program studi yang ada di Fakultas tersebut adalah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI).

Setiap praktikan mendapatkan tugas mengajar sesuai mata kuliah konsentrasi yang dipilih oleh masing-masing mahasiswa. Dalam hal ini mata kuliah konsentrasi yang saya ambil adalah Konsentrasi Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).  Sebelum pelaksanaan praktik, praktikan melakukan observasi dahulu untuk mencari kendala atau permasalahan yang ada dalam perkuliahan. Setelah melakukan observasi, kemudian dipilih model/metode yang tepat untuk digunakan dalam pembelajaran. Salah satu metode yang dipilih adalah Group Investigation yang diupayakan dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa juga dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran.  Setelah jam perkuliahan selesai, dilakukan evaluasi praktik. Hal ini dilakukan agar para praktikan bisa saling merefleksikan diri untuk perbaikan pada pertemuan berikutnya dan agar proses pembelajaran di pertemuan berikutnya menjadi lebih baik. 

YUNITA UKHTIANA 15712251035