Penyerahan Mahasiswa Riset dan Praktik Pembelajaran ke PGSD Universitas Muhammadiyah Magelang

.

Riset dan praktik pembelajaran di PGSD merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa S2 Pendidikan Dasar yang memilih konsentrasi Akademisi. Mata kuliah ini dilaksanakan selama satu semester dengan bobot 3 SKS. Selain melaksanakan program perkuliahan di kelas, mahasiswa juga diterjunkan untuk melaksanakan praktik mengajar di PGSD.

             Pada tanggal 23 Februari 2018, beberapa mahasiswa dari prodi pendidikan dasar diantaranya yaitu Muchtar Latif, S.Pd, Joko Suprapmanto, S.Pd, Fadilurrahman, S.Pd, Denny Gustiawan, S.Pd, Ais Nur Elisah, S.Pd, Aisah Wiendiarti, S.Pd, dan  Rifka Anisa, S.Pd bersama Bapak Dr. Ali Mustadi, M.Pd., selaku dosen pengampu mata kuliah riset dan pratik pembelajaran menuju PGSD Universitas Muhammadiyah Magelang untuk melakukan serah terima mahasiswa secara resmi kepada ketua prodi PGSD Universitas Muhammadiyah Magelang, Bapak Rasidi, M.Pd.

Setibanya di PGSD Universitas Muhammadiyah Magelang, mahasiswa disambut baik oleh bapak ketua prodi beserta bapak ibu dosen PGSD Universitas Muhammadiyah Magelang dengan diiringi suara rintik hujan seperti tahun sebelumnya. Bapak Dr. Ali Mustadi, M.Pd., selaku dosen pengampu mata kuliah riset dan praktik pembelajaran menyampaikan bahwa pelaksanaan praktik yang akan di tempuh mahasiswa di PGSD ini minimal terdiri dari 9 kali praktik yang mencakup 6 kali praktik terbimbing, 2 kali praktik mandiri, dan 1 kali ujian, dengan harapan mahasiswa dapat belajar serta mendapat pengalaman menikmati atmosfer menjadi seorang dosen. Selain melaksanakan praktik mengajar, mahasiswa juga melakukan riset terkait permasalahan yang mereka temui dalam pembelajaran yang kemudian disusun menjadi sebuah laporan penelitian.

Selanjutnya Bapak Rasidi, M.Pd., selaku ketua prodi PGSD Universitas Muhammadiyah Magelang menyatakan senang dapat menjalin kerjasama dengan prodi pendidikan dasar pascasarjana UNY dan berusaha untuk membimbing mahasiswa dengan sebaik-baiknya. Beliau juga memberikan himbauan bahwa selama mengajar di PGSD Universitas Muhammadiyah Magelang ini, mahasiswa praktikan putri harus menggunakan rok dan celana kain untuk mehasiswa putra.

Selepas acara serah terima, mahasiswa praktikan melakukan diskusi dengan dosen pamong masing-masing untuk menentukan jadwal praktik pembelajaran. Dari praktik pembelajaran yang akan dilakukan ini diharapkan mahasiswa dan dosen dapat belajar bersama, bertukar pikiran, serta berkolaborasi untuk memecahkan permasalahan terkait pembelajaran di PGSD  Universitas Muhammadiyah Magelang.