PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DAN VIDEO PEMBELAJARAN SEBAGAI MEDIA BELAJAR PADA MAHASISWA PGMI STIA ALMA ATA YOGYAKARTA

Memutuskan untuk mengejar ilmu diluar kota kelahiran tentunya  merupakan keputusan yang tidak mudah dan harus melalui beberapa pertimbangan. Salah satunya menjadi anak perantau yang harus siap untuk menghadapi tantangan yang dihadapi kedepannya. Salah satu anak perantau dari kota Makassar yang menjadi Mahasiswa Program Pascasarjana (PPS) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) yaitu  Program Studi Pendidikan Dasar (PD) kelas B  konsentrasi Akademisi angkatan 2014 bernama Haspidawati Nur.

Pada semester 3 ini,  Haspidawati Nur mendapatkan tantangan sebagai Mahasiswa DIKDAS  yang diberikan pada Mata Kuliah Riset dan Praktek Pembelajaran PGSD yang di ampu oleh salah satu dosen yaitu  Ibu Dr.Christina Isniati M.Pd yaitu  dengan melakukan riset dan Praktek pembelajaran PGSD di Kampus yang ada di Yogyakarta dan sekitarnya. Kampus STIA ALMA ATA adalah tempat yang dipilih untuk melaksanakan Riset dan Praktek Pembelajaran. Dalam melakukan Riset dan Praktek Pembelajaran ini Haspidawati Nur dipercayai untuk menyampaikan materi pada Mata Kuliah Perkembangan Peserta Didik yang terdiri dari 18 mahasiswa. Dalam mata kuliah Perkembangan Peserta Didik  yang berperan selaku dosen pamong adalah Ibu Ni’mah Afifah, M.Ag, M.Pd.I. Pelaksanaan Riset dan Praktek Pembelajaran ini berlangsung dari tanggal 18 November – 16 Desember 2015.

Pada awal pelaksanaan Riset dan Praktek pembelajaran ini, diawali dengan adanya observasi keadaaan kelas seperti apa. Hasil dari observasi yang didapatkan yaitu Motivasi mahasiswa dalam mengikuti pembelajaran sangat kurang. Hanya beberapa mahasiswa saja yang aktif dalam kegiatan pembelajaran dalam kelas. Dari hasil observasi, diputuskan untuk menggunakan Video Pembelajaran yang berhubungan materi yang akan disampaikan. Dalam menggunakan video sebagai media pendukung dalam proses pembelarajan, model yang digunakan dalam pembelajaran juga berpengaruh. Dalam Riset dan Praktek pembelajaran ini model yang digunakan adalah model pembelajaran Discovery Learning ( pembelajaran melalui penemuan). Pertemuan pertama dalam pelaksanaan riset dan Praktek Pembelajaran yaitu pada tanggal 18 November 2015, menampakkan hasil yang cukup baik. Dengan menggunakan video yang berkaitan dengan materi pembelajaran membuat mahasiswa menjadi kritis dalam mengelolah materi/informasi yang ia dapatkan serta termotivasi untuk mencari tahu apa yang belum mereka mengerti tentang materi yang disampaikan. Tidak membutuhkan waktu yang cukup lama untuk membuat mahasiswa menjadi termotivasi untuk belajar, Pada pertemuan selanjutnya, yaitu pada tanggal 27 November 2015, sebagian besar mahasiswa telah menampakkan perubahan yang baik di dalam kelas. Telah termotivasi untuk berpikir secara kritis, adanya stimulus dan respon yang baik  dengan beberapa anggota kelompok.

Semua yang dilakukan dengan ikhlas pasti akan menghasilkan sesuatu yang indah. Seperti halnya melaksanakan Riset dan Praktek Pembelajaran di STIA ALMA ATA yang memberikan pengalaman dan ilmu baru bagi Mahasiswa Dikdas B “Haspidawati Nur”.dan ternyata  “Materi akan cepat diterima oleh Mahasiswa bila dalam proses pembelajaran kita  sebagai pendidik bisa masuk dalam lingkungan mereka. Dengan begitu mereka termotivasi untuk belajar dan merasa tidak ada beban”. Inilah salah satu pengetahuan yang didapatkan setelah melaksanakan Riset dan Praktek Pembelajaran. (Haspidawati Nur/ S2 Dikdas B)