Penerapan Pendekatan Inkuiri pada Pembelajaran Matematika

Pembelajaran matematika di PGSD Universitas Sanata dharma dikonsep dengan menekankan kepada mahasiswa bahwa untuk membelajarkan matematika ke siswa SD, seorang guru harus benar-benar memahami konsep materi matematika yang akan dibelajarkan terlebih dahulu. Contohnya adalah pada materi geometri yang di dalamnya terdapat pembahasan bangun datar dan bangun ruang.  Banyak guru yang kurang tepat  dalam membelajarkan konsep geometri pada siswa. Oleh karena itu, salah satu usaha PGSD Universitas Sanata Dharma untuk memberi pemahaman konsep matematika adalah dengan membiasakan mahasiswa untuk membangun sendiri pengetahuannya. Misalnya pada materi geometri, pendekatan yang dilakukan oleh dosen adalah dengan pendekatan inkuiri.

Pendekatan inkuiri menekankan kepada mahasiswa untuk membangun sendiri pengetahuannya dan kemudian akan bersama-sama dikonfirmasi oleh dosen. Dalam pembelajaran matematika di PGSD Sanata dharma materi geometri, mahasiswa membentuk kelompok belajar lalu kemudian dosen mengintruksikan masing-masing kelompok untuk mencari dan membuktikan jenis-jenis bangun datar dan bangun ruang, serta membuktikan rumusnya secara induktif. Hasil kerja kelompok akan dipresentasikan oleh masing-masing kelompok. Tujuan dari kegiatan ini adalah mahasiswa tidak hanya mengerti tentamng konsep geometri, namun juga memahami sehingga akan mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, bekal ini juga akan menjadi modal mahasiswa untuk terjun ke dunia keguruan dalam membelajarkan konsep geometri nantinya setelah lulus dari PGSD Sanata dharma.

Hasil dari kegiatan pembelajaran yang dilakukan menunjukkan mahasiswa lebih antusias mengikuti pembelajaran dan lebih mudah untuk memahami konsep geometri. Pembelajaran matematika pada materi geometri dengan pendekatan inkuiri dinyatakan berhasil dalam memberikan pemahaman kepada mahasiswa PGSD Sanata dharma.

Azmil Hasan Lubis

16712251041