You are here

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DI PGSD UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA

Di dunia akademisi riset dan praktik telah diadopsi sedemikian rupa menjadi kegiatan yang mendasari semua keilmuan. Sebuah ide yang belum melewati riset tentu hanya bersifat argumentatif semu yang kurang memenuhi syarat ilmiah. Mekanisme prosesnya tumbuh dari konsep, fakta, generalisasi, dan disepakati menjadi sebuah teori. Tidak berhenti begitu saja teori itu kemudian diuji kembali, diimplementasikan, dan dikembangkan. Mata kuliah riset dan praktik ini pun berangkat dari pemikiran tersebut bahwasanya seorang akademisi harus memiliki jiwa penemu atau minimalnya ia membuka tabir-tabir yang masih abu-abu.

Riset dan praktik pada kesempatan kali ini berlangsung selama lima kali pertemuan kelas matematika di Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Surakarta. Matematika sekolah dasar bukan hal yang sederhana apalagi bertindak sebagai seorang calon guru sekolah dasar. Untuk menanamkan sikap ilmiah maka guru yang terlebih dahulu harus memiliki kemampuan tersebut. Matematika tidak sekedar memecahkan masalah dari rumus perhitungan tetapi harus menemukan keterkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Disiplin ilmu matematika dikalangan anak sekolah dasar seringkali hanya berhenti pada operasi perhitungan padahal keberhasilan matematika letaknya pada anak mampu menemukan matematika dari aktivitasnya. Anak sedang bersepeda menemukan jumlah kayuhan, bentuk roda, kecepatan, dan lain sebagainya. Itu hanya sebagian kecil contoh apabila matematika telah diajarkan sebagai kesatuan rumus implementatif.

Riset dan praktik yang saya lakukan, saya memilih menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning agar mahasiswa lebih aktif dalam pembelajaran sehingga kemampuan pemecahan masalah juga lebih baik. Problem Based Learning dirancang menggunakan permasalahan seputar dunia nyata yang akan melatih mahasiswa agar dapat mengembangkan keterampilan berpikir, menyelesaian masalah, dan keterampilan-keterampilan yang akan melibatan mahasiswa aktif dalam mengonstruk pengetahuannya sendiri. Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dalam riset dan praktik ini kemudian diuji pengaruhnya terhadap kemampuan pemecahan masalah.

 

Deni Maratush Sholihah

15712251039

Kontak Kami

PROGRAM PASCASARJANA

Kampus Karangmalang, Yogyakarta 55281
Telp. +62274-550836 (front office), Hunting +62274-586168, Psw. 229; 285; & 367
Fax. +62274-520326
Website : 
http://pps.uny.ac.id
Contact Persons :

Sujarwo (081578886039)