Pendidikan Merupakan Seni untuk Membuat Manusia Semakin Berkarakter

Pendidikan dasar dirasakan sangat penting, karena di usia inilah anak-anak memiliki daya serap yang sangat tinggi dan rasa penasaran yang besar untuk mengetahui segala sesuatu. Selain itu dengan pendidikan dasar kita bisa mendorong anak-anak agar menjadi generasi penerus yang tangguh dan bisa bersaing dengan negara lain. Begitu pentingnya pendidikan, sehingga negara Indonesia mengatur secara khusus perihal pendidikan dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) Nomor 20 tahun 2003.

Di dalam dunia pendidikan, guru adalah seorang pendidik, pembimbing, pelatih, dan pengembang kirikulum yang dapat menciptakan kondisi dan suasana belajar yang kondusif, yaitu suasana belajar menyenangkan menarik, memberi rasa aman, memberikan ruang pada siswa untuk berpikir aktif, kreatif, dan inovatif dalam mengeksplorasi dan mengelaborasi kemampuannya. Guru yang profesional merupakan faktor penentu proses pendidikan yang berkualitas.

Agar menjadi guru profesional maka Program Studi Pendidikan Dasar Pasca Sarjana Universitas Negeri Yogyakarta mengadakan Program Praktik Pembelajaran SD dalam  rangka mempersiapkan calon guru Sekolah Dasar yang bermutu. Praktik Pembelajaran SD merupakan media bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan dasar profesi. Teori-teori pembelajaran yang diperoleh ketika duduk dibangku perkuliahan diaplikasikan dalam bentuk praktik mengajar dan kegiatan edukasional lainnya di lembaga sekolah. Praktik Pembelajaran SD yang dilakukan mahasiswa merupakan salah satu wadah agar mahasiswa mendapatkan pengalaman profesi yang dapat diandalkan. Melalui Praktik Pembelajaran SD mahasiswa akan dihadapkan pada kondisi riil aplikasi bidang keilmuan seperti: kemampuan mengajar, kemampuan bersosialisasi dan bernegosiasi, dan kemampuan manajerial kependidikan lainnya. Praktek Pembelajaran SD  ini diselenggarakan untuk mahasiswa semester III. Diadakan kurang lebih selama 2 bulan di SD mitra, baik SD Swasta maupun SD Negeri.

Salah satu sekolah yang digunakan sebagai tempat pelaksanaan praktik pembelajaran adalah SD Muhammadiyah Condongcatur, yang terletak di Jl. Perumnas Ring Road Utara, Gorongan, Condongcatur, Depok, Sleman, D.I Yogyakarta (sebelah barat UPN). Pemilihan lokasi  Praktek Pembelajaran yaitu di SD Muhammadiyah Condongcatur dikarenakan salah satu sekolah yang dijadikan pilot project Kurikulum 2013 di Yogyakarta. Pelaksanaan praktik pembelajaran dilakukan secara berkelompok, yang terdiri dari 3 mahasiswa. Masing-masing mahasiswa melaksanakan praktik mengajar sebanyak 4 kali pertemuan dengan subjek kelas yang berbeda-beda yaitu kelas II, III, IV, dan V. Dalam praktinya, mahasiswa didampingi oleh guru pamong melakukan pengamatan/observasi dan memberikan penilaian kepada mahasiswa selama melakukan praktik pembelajaran di kelas. Selain itu, guru pamong juga menilai RPP dan silabus yang dibuat oleh mahasiswa.

Sebelum praktik mengajar kami melakukan observasi terlebih dahulu. Kegiatan observasi dilakukan secara langsung mengamati proses pembelajaran di dalam kelas, selain itu kami berdiskusi dengan guru berkaitan dengan kurikulum 2013 yang akan jadi pertimbangan menentukan strategi, metode, dan media yang digunakan disesuaikan dengan materi yang akan diajarkan.

Praktik mengajar kami awali pada kelas tinggi yaitu kelas V hingga II. Selama melaksanakan praktik mengajar, kami menggunakan berbagai media. Pada Tema 3 (Kerukunan dalam  Bermasyarakat) sub tema 2 manfaat hidup rukun untuk menarik perhatian siswa kelas V saya menggunakan media boneka kertas “ Husein & Maryam ”.  Siswa sangat antusias dalam proses pembelajaran siswa aktif bertanya maupun menjawab pertanyaan yang selama proses pembelajaran. Karakteristik siswa  bermacam-macam sehingga menjadi tantangan tersendiri bagi mahasiswa khususnya saya.  

Setelah selesai mengajar kami bersama guru pamong melakukan diskusi tentang  evaluasi terhadap proses pembelajaran yang dilakukan, memberikan kritik dan saran, agar dalam mengajar menjadi lebih baik lagi. Setiap Praktek mengajar memberikan pengalaman berbeda dan ilmu yang baru agar  kedepan dalam saya mengajar bisa lebih baik di masa mendatang. (Restu Galih Agung Samekta / Konsentrasi Praktisi)