Pembahasan Kelayakan Judul Disertasi Mahasiswa Progam Studi S3 Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta

Pada awal semester Gasal Tahun Pelajaran 2017/2018, Program Studi S3 Pendidikan Dasar PPS UNY tidak ada henti-hentinya dalam berinovasi dalam hal pelaksanaan perkuliahan dan kegiatan lainnya. Salah satu contohnya adalah kegiatan diskusi dalam pembahasan kelayakan judul Disertasi untuk mahasiswa S3 Pendidikan Dasar PPS UNY yang dipimpin langsung oleh Dr. Muhammad Nur Wangid, M.Si. selaku Ketua Prodi dan Dr. Ali Mustadi, M.Pd. selaku Sekretaris Prodi. Kegiatan tersebut dikandung maksud untuk mematangkan rencana judul Disertasi yang diambil oleh para mahasiswa S3 Pendidikan Dasar PPS UNY agar lebih novelty hal pemaknaan dari setiap kata pada judul Disertasi, kajian teoritis yang mendalam dari judul Disertasi yang disusun oleh mahasiswa, dan metode penelitian yang telah dirancang oleh mahasiswa lebih terkonsep melalui bimbingan langsung oleh Ketua dan Sekertaris Prodi. Selain saran dan kritik dari Ketua dan Sekertaris Prodi S3 Pendidikan Dasar PPS UNY, para mahasiswa S3 Pendidikan Dasar PPS UNY juga diperbolehkan berkonsultasi dengan dewan dosen yang mengampu mata kuliah di Prodi S3 Pendidikan Dasar PPS UNY. 

Melalui kegiatan ini, mahasiswa S3 Pendidikan Dasar PPS UNY dituntut untuk mempersiapkan karya ilmiahnya yang berupa Disertasi sedini mungkin. Hal ini dikandung maksud agar target yang telah dicanangkan baik oleh mahasiswa yang bersangkutan maupun oleh Prodi S3 Pendidikan Dasar PPS UNY dapat terwujud yaitu mendapat gelar Doktor (Dr.) dalam bidang Pendidikan Dasar dan lulus selesai tepat waktu, bukan selesai pada waktunya. Manfaat yang dirasakan oleh mahasiswa S3 Pendidikan Dasar PPS UNY yang lainnya adalah mereka dapat mempersiapkan teori-teori pembelajaran dan pendidikan sebagai penunjang Disertasi yang berupa artikel, jurnal, maupun buku-buku sedini mungkin tanpa harus bersusah payah mempersiapkannya secara dadakan. Selain itu, langkah mahasiswa dalam mempersiapkan Disertasi telah dimulai dari semester 1 yang diawali dengan matakuliah Metode Penelitian Pendidikan, dilanjut semester 2 adalah matakuliah Proposal Disertasi, dan Puncaknya pada semester 3 diharapkan mahasiswa dapat menseminarkan proposal Disertasinya melalui matakuliah Seminar Proposal Disertasi. Bilamana kegiatan tersebut sesuai dengan harapan, maka mahasiswa diharapkan dapat menyelesaikan masa studi di Program Studi S3 Pendidikan Dasar PPS UNY dapat selesai dan Lulus tepat 3 tahun.