Pelatihan HOTS di SD Korwil UP SD Wilayah Selatan

Pelatihan penyusunan perangkat pembelajaran dan penilaian berbasis HOTS dalam rangka pengabdian kepada masyarakat program studi S3 Pendidikan Dasar program pascasarjana UNY dari anggaran dana PPM Pascasarjana UNY. Pelatihan ini diselenggarakan dua hari, pada hari Jumat tanggal 19 Juli dan 2 Agustus 2019 diikuti 40 orang guru SD Korwil unit pengelola SD Wilayah Selatan Kecamatan Sewon Kabupaten Bantul Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru kelas Sekolah Dasar (SD) melakukan pembelajaran dan penilaian berbasis HOTS yang dilatarbelakangi untuk meningkatkan kemampuan guru dalam implementasi Kurikulum 2013 khususnya pada perancangan, dan pelaksanaan pembelajaran berbasis HOTS, serta pengembangan instrumen penilaiannya.

Pelaksanaan pelatihan diikuti dengan antusias oleh para guru tersebut dengan menggunakan metode pembelajaran tanya jawab, diskusi kelompok, dan presentasi dengan model pembelajaran workshop. Dalam workshop penyusunan perangkat pembelajaran dan penilaian berbasis HOTS terungkap banyak permasalahan yang guru hadapi di lapangan pada saat implementasi kurikulum 2013 diantaranya masih kurangnya praktik-praktik yang secara langsung tentang mendesain pembelajaran berbasis HOTS. Guru-guru mengungkapkan masih sangat membutuhkan pelatihan-pelatihan yang seperti ini sehingga kedepannya mereka berharap pelatihan ini untuk bisa dilaksanakan secara berkelanjutan dan waktunya ditambah sehingga mampu mencapai sesuai harapan.

Kegiatan ini berupaya untuk mengatasi kesulitan tersebut, agar guru menjadi profesional dalam mendidik siswa SD khususnya dalam mengembangkan kemampuan berpikir anak pada level yang lebih tinggi. Kemampuan berpikir anak pada level yang lebih tinggi sangat diperlukan pada era industri 4.0 dan masyarakat 5.0 ini supaya mereka mampu berinovasi dalam pergaul di sekolah mampun di masyarakat. Hal tersebut sesuai dengan materi yang telah diberikan pada saat pelatihan yaitu inovasi pembelajaran abad 21, pembelajaran dan penilaian berbasis HOTS, penilaian afektif berbasis HOTS serta dilaksanakan pre dan post tes untuk mengetahui kemampuan dasar dan kemampuan setelah pelatihan.