Gamifikasi Sebagai Salah Satu Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran - Kelas Praktisi Mengajar mata kuliah Pembelajaran Berbasis TI

Jurusan S2 Pendidikan Dasar UNY program RPL Gunungkidul mengikuti sesi kelas Praktisi Mengajar pada mata kuliah Pembelajaran Berbasis TI yang dilaksanakan pada tanggal 28 November 2023. Direktur PT Animars Studio, Randi Catono Putro, mengisi sesi tersebut dengan materi Gamifikasi Sebagai Salah Satu Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Pada kesempatan tersebut, Randi menyampaikan bahwa gamifikasi bekerja dengan menerapkan aturan permainan dalam konteks non permainan. Game dan animasi, yang umumnya dikenal untuk anak-anak, merupakan media yang bisa dipakai oleh berbagai kalangan lintas usia dengan berbagai fungsi.

Randi menyampaikan bahwa gamifikasi sebagai metode pembelajaran sebenarnya tidak hanya secara digital tetapi juga melalui permainan secara fisik (tradisional). Gamifikasi minimal memuat komponen aturan main, petunjuk permainan, dan tujuan (goal). Gamifikasi digital lebih lengkap dengan komponen karakter, poin, papan peringkat, dan lencana (reward). Randi menambahkan bahwa pengembangan gamifikasi sebagai metode pembelajaran perlu dikaitkan dengan karakteristik peserta didik sasaran, misalnya poin, papan peringkat, dan lencana akan memotivasi untuk terus mencoba. Selaras dengan pernyataan Unik Ambar Wati, S.Pd., M.Pd., Ph.D., dosen mata kuliah Pembelajaran Berbasis TI, Randi menegaskan bahwa gamifikasi sifatnya sebagai penunjang dalam pembelajaran, bukan sebagai pengganti guru. Randi membagikan tips untuk mengembangkan gamifikasi yaitu dengan berfokus pada goal utama dan dimulai dari ide yang sederhana. Selain itu, pengembang harus menggunakan data dari riset terhadap sasaran agar game yang dikembangkan memenuhi kebutuhan dan dapat mencapai tujuan yang ditentukan.