Follow up Kegiatan Rutin English Club Pendidikan Dasar

Kegiatan English Club pertama kali dihelat yaitu pada tanggal 13 Maret 2015 yang dihadiri oleh mahasiswa jurusan Pendidikan Dasar dengan jumlah sekitar 30 mahasiswa setiap minggunya. Setiap kegiatan, terdapat 5 mahasiswa mempresentasikan paper nya dengan pembahasan yang variatif dengan durasi waktu 1,5 jam. Selain presenter terdapat pula mahasiswa yang bertindak sebagai moderator yang kemudian memfasilitasi peserta untuk dapat berdiskusi. 3 April 2015 menjadi pertemuan dari kegiatan ini.

Tema-tema pembahasan pada pertemuan pertama antara lain yaitu Hello Kitty Humanizing School, Dimentions Cognitive Process, Developing School Resolution Mathematical Primary Students, Social Cognitive Theory, Making Effective Use of Curriculum Flexibelity in Primary School. Antusiasme para anggota kegiatan terlihat dari munculnya banyak pertanyaan di setiap sesinya. Hal ini salah satu faktornya karena tema yang dipilih merupakan salah satu tema yang lagi trending topic kala itu, sehingga masih sangat hangat untuk bisa dibahas.

Pertemua kedua terdapat 5 presenter juga, masing-masing mempresentasikan tentang Self Efficacy, Self Concept, The Power of Story, Effect of Problem Based Learning on Students Attitudes, Achievement and Retantion of Learning in Math Course, Personality and Temprament. Modus ranah psikologi anak yang dibahas kali itu menjadi hal yang menarik bagi seorang calon pendidik, karena psikologi merupakan salah satu hal yang wajib dipelajari bagi manusia-manusia yang berhubungan dengan anak.

Self – Regulated Learning, Preservation of Living, Cognitive Factors in Motivation, Perspectives on Learnig, The Changing Role of School Leadership and Teacher Copacity Building   in Teaching and Learning merupakan 5 tema yang dipilih presenter untuk dapat dibahas dalam pertemuan ketiga tersebut. sedangkan untuk 5  tema pada pertemuan keempat yaitu How Did Babies Grow 100 Years Ago?, A Lesson Study As a Development Model of Profesional Teacher, Collaborative Learning, Development of Human Learning, Music and Brain.

Tema-tema terpilih merupakan tema yang menarik untuk dibahas oleh para mahasiswa calon pendidik, sesuai dengan tujuan dari kegiatan ini yaitu meningkatkan kemampuan dan keterampilan Bahasa Inggris mahasiswa pendidikan dasar melalui topik dapat meningkatkan pengetahuan mahasiswa tentang ke-SD-an yang tetap disajikan dalam balutan kegiatan berbahasa Inggris (Lina-Dian)