Proses Pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Ilmiah Siswa SD Kelas IV

Praktik pembelajaran SD program S-2 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Negeri Yogyakarta di Sekolah Dasar Muhammadiyah Sapen Yogyakarta merupakan kegiatan yang wajib dilaksanakan oleh mahasiswa sebagai muara dari seluruh program pendidikan S-2 PGSD. Praktik ini adalah suatu program yang merupakan ajang pelat ihan untuk menerapkan berbagai pengetahuan, sikap, dan keterampilan dalam rangka pembentukan guru dan tenaga kependidikan yang professional, yang mencakup kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional.

Praktik mengajar saya laksanakan di kelas 4  di SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta pada bulan November 2016. Siswa belajar gaya dan gerak, garis bilangan dan menyanyi kring-kring ada sepeda. Metode yang saya gunakan adalah pendekatan saintifik. Melalui  pendekatan saintifik/ilmiah, selain dapat menjadikan siswa lebih aktif dalam mengkonstruksi pengetahuan dan keterampilannya, juga dapat mendorong siswa untuk melakukan penyelidikan guna menemukan fakta-fakta dari suatu fenomena atau kejadian. Artinya, dalam proses pembelajaran, siswa dibelajarkan dan dibiasakan untuk menemukan kebenaran ilmiah, bukan diajak untuk beropini apalagi fitnah dalam melihat suatu fenomena. Mereka dilatih untuk mampu berfikir logis, runut dan sistematis, dengan menggunakan kapasistas berfikir tingkat tinggi (High Order Thingking/HOT).

Mahasiswa wajib menyiapkan perangkat pembelajaran, memilih metode dan media pembelajaran yang tepat sebelum praktik dilaksanakan. Pemilihan metode dan media pembelajaran disesuaikan dengan materi, karakteristik divercity siswa. Disamping itu juga perlu merancang evaluasi yang digunakan. Praktik pembelajaran diharapkan dapat melatih dan membiasakan mahasiswa baik persiapan sebelum pembelajaran maupun pada saat pembelajaran berlangsung beserta evaluasi yang dilakukan. Sehingga tujuan pendidikan dapat tercapai.

Hanafiah,S.Pd (15712259015) / Mahasiswa S2 Dikdas