Praktik Pembelajaran di Kelas III Dengan Menerapkan Metode Demonstrasi

Kegiatan Praktik Pembelajaran SD merupakan suatu kegiatan praktik lapangan rutin yang diadakan setiap tahun oleh Universitas Negeri Yogyakarta yakni untuk mahasiswa prodi Pendidikan Dasar Pascasarjana semester tiga. Kegiatan ini merupakan mata kuliah prasyarat dan wajib ditempuh oleh seluruh mahasiswa yang melaksanakan studinya dari Prodi Pendidikan Dasar Pascasarjana UNY.

Melalui mata kuliah ini, diharapkan mahasiswa mampu menganalisis permasalahan riil disertai inovasinya dan mampu  mempraktekan proses pembelajaran di SD yang meliputi perencanaan (menyusun perangkat pembelajaran: pemetaan KI/KD/Tema, silabus, SSP, bahan ajar, menentukan metode, media/alat peraga, instrument penilaian, dan sumber belajar), pelaksanaan proses pembelajaran (desain dan settting belajar, skenario dan syntax belajar sesuai model/metode pembelajaran yang dipilih), penilaian  proses (authentic assessment) dan hasil belajar yang tepat.

Salah satu metode yang sering diguakan untuk mengajar siswa kelas bawah yaitu dengan metode demonstrasi. Metode demonstrasi adalah pertunjukan tentang proses terjadinya suatu peristiwa atau benda sampai pada penampilan tingkah laku yang dicontohkan agar dapat diketahui dan dipahami oleh peserta didik secara nyata atau tiruannya.

Dengan metode demonstrasi yang dilakukan oleh guru terhadap siswa kelas III,  memberikan dampak  yang positif terhadap siswa  diantaranya, perhatian siswa dapat dipusatkan pada hal-hal yang dianggap penting oleh guru sehingga hal yang penting itu dapat diamati secara teliti. Di samping itu,  perhatian siswa pun lebih mudah dipusatkan kepada proses belajar mengajar.  Hal ini diharapkan mampu menjadikan pembelajaran lebih bermakna. (Wahyu Nurwidodo)