You are here

Perjuangan Mahasiswa Pascasarjana DIKDAS UNY dalam Mengikuti Kegiatan Riset dan Praktik Pembelajaran PGSD Akhirnya Berbuah Manis

Perjuangan Mahasiswa Pascasarjana DIKDAS UNY dalam Mengikuti Kegiatan Riset dan Praktik Pembelajaran PGSD Akhirnya Berbuah Manis

           

            Riset dan Praktik Pembelajaran PGSD merupakan salah satu mata kuliah wajib bagi mahasiswa Pascasarjana DIKDAS UNY. Mata kuliah 3 sks ini merupakan mata kuliah yang sedikit berbeda dengan mata kuliah yang lain karena mata kuliah ini tidak hanya mengandung teori, namun juga praktik. Tidak tanggung-tanggung, dua kegiatan dilaksanakan sekaligus dalam satu mata kuliah yaitu kegiatan riset (penelitian) dan praktik pembelajaran. Riset dan praktik pembelajaran PGSD ini dilaksanakan pada semester II. Berbagai persiapan telah dilakukan oleh pihak prodi dalam mensukseskan kegitan ini, bahkan saat liburan semester I telah diadakan pembekalan bagi para mahasiswa, sehingga semua mahasiswa Pascasarjana Pendidikan Dasar yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia berkumpul untuk mengikuti pembekalan tersebut.

          Setelah mengikuti pembekalan, para mahasiswa praktikan mulai mencari universitas negeri maupun swasta yang minimal memiliki akreditasi B dan menerapkan KKNI. Banyaknya jumlah mahasiswa Pascasarjana DIKDAS UNY dan terbatasnya universitas yang menerapkan KKNI di daerah Yogyakarta, menjadi salah satu perjuangan mahasiswa praktikan untuk mendapatkan lokasi praktik yang sesuai dengan persyaratan, bahkan beberapa mahasiswa harus melaksankan kegiatan praktik diluar daerah Yogyakarta. Walaupun harus bolak-balik Yogyakarta dan menyesuaikan jadwal praktik pembelajaran di lokasi praktik dengan jadwal mata kuliah yang lain, namun semua ini tidak menyurutkan semangat para mahasiswa Pascasarjana DIKDAS UNY. Beruntung, saya mendapatkan lokasi praktik di Universitas Sanata Dharma yang berlokasi tidak jauh dari kampus UNY. Universitas Sanata Dharma maksimal menerima dua mahasiswa praktikan setiap tahunnya.

        Setelah diterima sebagai mahasiswa praktik di Universitas Sanata Dharma, kami mulai mempersipakan segala sesuatu yang dibutuhkan, mulai dari pelepasan mahasiswa praktikan, pembagian dosen pamong dan mempersiapkan jadwal praktik. Banyak pengalaman berharga yang saya dapatkan dari kegiatan riset dan praktik pembelajaran di PGSD ini, mulai dari tata cara perizinan, mengenal karakteristik mahasiswa, tata cara pembelajaran di perguruan tinggi dan membantu mahasiswa  mengatasi permasalahan yang sering dihadapi dalam mengikuti kegiatan perkuliahan. Riset dan praktik pembelajaran ini dibagi menjadi 3 tahap yaitu kegiatan observasi, praktik pembelajaran dan riset (penelitian).

          Melalui kegiatan observasi kelas, saya menemukan beberapa permasalahan yang dialami oleh mahasiswa PGSD semester 4 Universitas Sanata Dharma dalam mengikuti kegiatan perkuliahan pembelajaran matematika II di kelas. Permasalahan yang dialami oleh mahasiswa tersebut menjadi dasar bagi saya untuk melakukan kegiatan riset dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Setelah melakukan observasi kelas, saya dibimbing untuk mempersipakan proses pembelajaran di perguruan tinggi yang meliputi pembuatan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) dan Satuan Acara Perkuliahan (SAP). Praktik pembelajaran yang dilaksanakan minimal terdiri dari 9 kegiatan pemelajaran yang terdiri dari Praktik Pembelajaran terbimbing 1-6, praktik pembelajaran mandiri 1-2 dan 1 kali ujian praktik.  Selain itu, saya juga mulai mempersiapkan kegiatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di kelas tersebut.

         Rangkaian demi rangkaian kegiatan saya jalani satu persatu, tidak jarang saya menemukan kendala dalam menyesuaikan kegiatan praktik dan penelitian tindakan kelas dengan jadwal mata kuliah yang lain, tapi Alhamdulillah akhirnya kegiatan riset dan praktik pembelajaran ini dapat berbuah manis, semua rangkaian kegiatan dapat berjalan dengan lancar dan selesai tepat waktu. Ilmu dan pengalaman yang saya dapatkan dari kegitan riset dan praktik pembelajaran di PGSD ini menjadi bekal yang sangat berharga untuk saya nantinya. Ucapan terima kasih saya sampaikan kepada semua pihak yang telah membantu mensukseskan kegiatan riset dan praktik pembelajaran ini. Semoga semua ini tercatat sebagai amal ibadah di sisi Allah SWT. Aamiin.

 

Maskur

16712251033

Pendidikan Dasar Kelas B

Pascasarjana UNY

Add new comment

CAPTCHA
Silahkan masukkan jawaban pada kotak yang telah disediakan
Image CAPTCHA
Enter the characters shown in the image.

Kontak Kami

PROGRAM PASCASARJANA

Kampus Karangmalang, Yogyakarta 55281
Telp. +62274-550836 (front office), Hunting +62274-586168, Psw. 229; 285; & 367
Fax. +62274-520326
Website : 
http://pps.uny.ac.id
Contact Persons :

Sujarwo (081578886039)