Pelaksanaan Pembelajaran Kolaboratif di SD Sriharjo

Pelaksanaan Pembelajaran Kolaboratif di Sd Sriharjo

Praktik pembelajaran merupakan salah satu mata kuliah wajib pada Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta. Mata kuliah ini mengharuskan mahasiswa untuk melakukan praktik pembelajaran secara langsung di lapangan atau di Sekolah Dasar (SD). Lokasi praktik pembelajaran adalah SD  yang ada di wilayah Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Pada program praktik pembelajaran tahun 2015 ini, praktikan mendapat kesempatan untuk melaksanakan praktik pembelajaran di SD Sriharjo yang beralamat di desa Mojohuro Kecamatan Sriharjo Kabupaten Bantul.

Tujuan yang ingin dicapai pada pelaksanaan praktik ini antara lain: mahasiswa mampu menerapkan ilmu yang didapat selama perkuliahan disamping mendapatkan pengalaman langsung praktik pembelajaran, mahasiswa diberi kesempatan untuk memantapkan kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional dan sosial dalam rangka memperbaiki atau meningkatan mutu pembelajaran di kelas, mahasiswa dapat mengelola pembelajaran di kelas yang berorientasi pada kebutuhan peserta didik.

Sebelum melakukan praktek di SD Sriharjo, dilakukan persiapan untuk menganalisis kebutuhan selama praktek pembelajaran. Persiapan pelaksanaan praktek pembelajaran yang dilakukan adalah melakukan observasi terhadap pembelajaran di SD Sriharjo, membuat RPP, dan membuat media pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan terlihat bahwa siswa kelas 2 dan kelas 4 di SD Sriharjo mempunyai permasalahan yang sama. Siswa suka memilih-milih teman dan ada anak yang ada dihindari/dijauhi.

Oleh karena itu, praktikan memutuskan untuk menggunakan pembelajaran kolaboratif dalam melaksanakan praktik pembelajaran di SD Sriharjo. Pelaksanaan pembelajaran di kelas 2 dilaksanakan pada tanggal 28-29 Oktober 2015  pada tema 3 subtema 2 berisi materi : menuliskan waktu pada jam analog, menceritakan kegiatan sehari-hari di kelas, menyebutkan simbol-simbol sila Pancasila, dan mendemonstrasikan pelaksanaan piket kelas di sekolah. Kegiatan yang dilakukan adalah, siswa secara berkelompok membuat jam analog dan mendemonstrasikan kegiatan piket kelas. Siswa juga menggambar simbol sila Pancasila dan mewarnainya. Dadri hasil pembelajaran tersebut dapat dilihat bahwa siswa kelas 2 dapat berkolaborasi dengan teman-temannya. Anak yang biasa dihindari menjadi bagian dari kelompok dan ikut melaksanakan kegiatan pembelajaran. Siswa yang lain juga sudah mau bekerjasama dengan anak tersebut.

Praktik pemmbelajaran di kelas 4 dilaksanakan pada tanggal 30-31 Oktober 2015 pada tema berbagai macam pekerjaan subtema bbarang dan jasa. Materi pembelajaran yang dilaksanakan adalah tentang penggunaan teknologi sederhana dan modern dalam kehidupan sehari-hari, wawancara, penggunaan dan cara penghematan air, serta membuat poster hemat air. Pembelajaran dimulai dengan melakukan interview secara berkelompok, siswaberperan sebagai wartawan dan pengusaha. Dari teks percakapan yang ada, siswa secara berkelompok mengubah teks wawancara menjadi kalimat langsung dan tidak langsung. Siswa kemudian menentukan kelebihan dari penggunaan teknologi modern dibandingkan dengan teknologi sederhana. Kegiatan siswa diakhiri dengan membuat poster secara berkelompok tentang ajakan hemat air.