Membangun Karakter Anak Dengan Dongeng

 

Dongeng adalah salah satu media yang dapat menyampaikan berbagai pesan dan informasi. Melalui dongeng, pesan dan informasi tersebut dikemas secara menarik, dalam kemasan tokoh-tokoh dan latar cerita sehingga akan lebih mudah diserap dan dicerna anak-anak. Saat ini, kegiatan mendongeng bukanlah hal yang mustahil dilakukan oleh guru khususnya guru Sekolah Dasar.

Kegiatan mendongeng sudah menjadi salah satu kegiatan budaya di SD Negeri Pacar yang terletak di Jl. Imogiri Barat Kabupaten Bantul. SDN Pacar merupakan salah satu dari 15 SD yang menjadi pilot project pelaksanaan kurikulum 2013. Salah satu tujuan pendidikan di SDN Pacar adalah membangun karakter anak menjadi pribadi yang lebih baik. Berbagai strategi pembelajaran dan  kegiatan sekolah dilaksanakan untuk meningkatkan pembentukan karakter anak. Salah satu strategi dan kegiatan pembelajaran yang dapat dilakukan adalah mengajarkan pesan moral kepada anak melalui kegiatan mendongeng.

Mendengarkan dongeng adalah salah satu kegiatan pembelajaran menyenangkan bagi anak. Mereka antusias duduk untuk mendengarkan cerita yang dibawakan oleh guru mereka. Dongeng yang disampaikan guru dalam kondisi dan suasana yang tepat, mampu membawa imajinasi anak untuk menilai sikap bahkan mengembangkan karakter tokoh pada dongeng. Munculnya tokoh dengan sifat protagonis mampu memunculkan idola pada setiap anak sehingga wawasan dan pesan moral dalam dongeng akan diterima oleh anak.

Kegiatan mendongeng ini akan menciptakan lingkungan kondusif dalam peningkatan karakter siswa. Kegiatan mengembangkan karakter anak adalah dengan mengajak mereka untuk mengekplorasi nilai dalam mengembangkan ketrampilan yang terkait dengan nilai. Berbagai macam metode pembelajaran digunakan guru untuk menstimulasi perkembangan dan pertumbuhan peserta didik sebagai dasar menyiapkan kelanjutan pendidikan selanjutnya. Dongeng dapat digunakan sebagai media untuk mendidik serta membentuk karakter positif pada anak oleh orang tua maupun guru. Adanya nilai-nilai kehidupan yang terselip di balik cerita dongeng secara tidak langsung menjadi suatu keuntungan yang didapatkan dari mendongeng. nilai kebaikan hidup, nilai moral, nilai sosial, nilai budaya dan nilai-nilai kehidupan lain bisa dipelajari anak melalui dongeng melalui peristiwa dalam cerita dongeng. Adanya nilai kehidupan dalam sebuah cerita dongeng dapat menumbuhkan karakter anak dan pandangan hidup anak yang dibentuk sejak sini.

Kegiatan menumbuhkan karakter anak tidak dapat dilakukan hanya dengan mengandalkan upaya yang dilakukan oleh guru saja. Hal ini menjadi tanggung jawab dan kesadaran semua pihak, baik dari orang tua maupun masyarakat. Dengan kegiatan positif yang menyenangkan seperti kegiatan mendongeng, kegiatan menumbuhkan karakter anak dapat dilakukan sejak dini baik di lingkungan keluarga maupun sekolah.