Pengalaman Melaksanakan Riset dan Praktik Pembelajaran di S1 PGSD Universitas Negeri Yogyakarta

Salah satu kewajiban mahasiswa semester dua Program Studi Pendidikan Dasar Universitas Negeri Yogyakarta adalah menempuh mata kuliah Riset dan Praktik Pembelajaran PGSD. Mata kuliah dengan bobot 3 SKS ini merupakan salah satu mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh mahasiswa yang mengambil konsentrasi akademisi. Mata kuliah ini mewajibkan mahasiswa untuk melaksanakan riset dan praktik pembelajaran di perguruan tinggi yang memiliki program studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Tujuannya agar mahasiswa memperoleh bekal sebagai calon dosen PGSD yang profesional melalui pengalaman langsung di lapangan.

Sebagai salah satu mahasiswa yang mengambil konsentrasi akademisi, penulis juga menempuh mata kuliah tersebut. Penulis melakukan kegiatan riset dan praktik pembelajaran di PGSD UNY Kampus Wates yang terletak di Jalan Mandung, Pengasih, Kulonprogo. Penulis melakukan riset dan praktik pembelajaran pada mata kuliah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia SD. Mata kuliah tersebut diampu oleh Ibu Septia Sugiarsih, M.Pd yang sekaligus berperan sebagai dosen pamong bagi penulis.

Kelas tempat penulis melakukan praktik, yaitu kelas 4F, berjumlah 40 mahasiswa, terdiri dari 8 mahasiswa dan 32 mahasiswi. Sebelum melaksanakan kegiatan riset dan praktik pembelajaran, penulis melakukan observasi di kelas selama dua kali untuk mengidentifikasi learner’s diversity mahasiswa dan permasalahan yang terjadi selama proses pembelajaran sebagai dasar untuk melakukan riset dan praktik pembelajaran.

Berdasarkan hasil observasi serta diskusi dengan dosen pamong dan observer, penulis memutuskan untuk melakukan riset tentang pengaruh model pembelajaran kooperatif terhadap aktivitas belajar mahasiswa. Kegiatan riset yang dikemas dalam praktik pembelajaran dilaksanakan pada bulan Februari sampai dengan Mei. Kegiatan riset dan praktik pembelajaran telah selesai dilaksanakan dan berjalan dengan lancar. Dosen pamong dan observer banyak memberi masukan dalam pelaksanaan praktik pembelajaran. Hasil riset menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif terhadap aktivitas belajar mahasiswa. Hal ini terlihat dari adanya peningkatan aktivitas belajar mahasiswa setelah diberi perlakukan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif. Melalui kegiatan riset dan praktik pembelajaran ini, penulis banyak memperoleh pengalaman yang berharga dapat menjadi bekal untuk menjadi pendidik.

 

Santi Ratna Dewi

Dikdas A 2017, Universitas Negeri Yogyakarta