You are here

Workshop Evaluasi dan Pengembangan Kurikulum Prodi Dikdas

Ilmu pengetahuan berkembang setiap saat. Perkembangan yang dinamis itu tentunya harus diikuti dengan kegiatan pembelajaran yang berkualitas dan up to date. Salah satu komponen pembelajaran di Pendidikan Dasar adalah perangkat pembelajaran berupa kurikulum. Akan tetapi perangkat pembelajaran tersebut dipandang masih kurang sepenuhnya memenuhi kebutuhan mahasiswa dan perkembangan kebijakan kurikulum nasional terutama setelah diberlakukannya Kurikulum 2013 dan KKNI.

Kurikulum sebagai komponen keberhasilan pembelajaran merupakan unsur penting bagaimana suatu desain pembelajaran dikelola dan dilaksanakan untuk menjawab kebutuhan user dalam hal ini mahasiswa Dikdas. Pembelajaran yang berkualitas dan up to date tentunya harus diawali dengan kurikulum yang baik dan up to date pula. Untuk menjawab tantangan di atas, perlu peninjauan kurikulum pendidikan dasar. Peninjauan kurikulum di sini sebagai implementasi perkembangan ilmu itu sendiri.

Pengelola prodi S2 Dikdas PPs UNY, Dr. Muhammad Nur Wangid, M.Si. dan Dr. Ali Mustadi sebagai kaprodi dan sekprodi melakukan kegiatan peninjauan kurikulum prodi melalui Workshop Evaluasi dan Pengembangan Kurikulum Prodi Dikdas. Kegiatan yang diikuti oleh Tim Pengembang prodi  (Prof. Dr. Suhardi, M.Pd., Prof. Dr. Marsigit, M.A., Dr. Enny Zubaidah, M.Pd. dan Dr. Pratiwi Pujiastuti, M.Pd.) tersebut dilaksanakan pada hari Kamis, 5 Juni 2014 di Aula PPs UNY.

Melalui workshop ini diharapkan dapat mengevaluasi dan mengembangkan kurikulum yang sudah berlaku. Para peserta diajak untuk mereview kurikulum yang sudah diberlakukan di prodi hingga saat ini. Dengan diberlakukannya kurikulum 2013 dan KKNI dituntut adanya kualitas perkuliahan yang sesuai dengan perkembangan iptek dan dapat meningkatkan kompetensi yang dibutuhkan mahasiswa. Sehingga diharapkan output prodi Dikdas bisa berkualitas, berdaya saing yang tinggi.

Setelah dicermati bersama-sama, tersusun dan terdokumentasi kurikulum yang dikembangkan dengan kualitas mutakhir dan dapat dipakai untuk meningkatkan kualitas perkuliahan secara efektif dan efisien. (Rb)

Kontak Kami

PROGRAM PASCASARJANA

Kampus Karangmalang, Yogyakarta 55281
Telp. +62274-550836 (front office), Hunting +62274-586168, Psw. 229; 285; & 367
Fax. +62274-520326
Website : 
http://pps.uny.ac.id
Contact Persons :

Sujarwo (081578886039)