Strategi Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT) Berbantuan Media Pembelajaran di S1 PGSD Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Program Studi Pendidikan Dasar Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta memberikan kesempatan kepada mahasiswa semester tiga (konsentrasi akademisi) sebagai calon dosen agar dapat mengembangakan keterampilan mengajar dan kompetensi mahasiswa di bidang keilmuan yang telah diperoleh secara teoritis untuk diaplikasikan secara praktis melalui kegiatan riset dan praktik pembelajaran PGSD. Adapun kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kegiatan dalam mata kuliah Riset dan Praktik Pembelajaran PGSD yang diampu oleh Dr. Ali Mustadi, M.Pd.

Kegiatan riset dan praktik pembelajaran PGSD bertujuan memberikan pengalaman secara nyata kepada mahasiswa untuk belajar dan menerapkan teori secara praktis untuk melaksanakan praktik pembelajaran di perguruan tinggi, harapannya agar mahasiswa terlatih dalam melakukan riset pada bidang akademisi dan mendapatkan pengalaman dalam menerapkan keilmuan kepada mahasiswa S1 PGSD. Riset dan praktik pembelajaran ini dilaksanakan pada bulan Oktober hingga November 2015. Perguruan tinggi yang dipilih sebagai tempat riset dan praktik pembelajaran PGSD adalah Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa dengan Ketua Prodi PGSD bernama Dra. C. Indah Nartani, M.Pd. Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa ini beralamat di Jalan Batikan, Tuntungan UH III/1034 Umbulharjo, Yogyakarta 55167.

Mahasiswa S1 PGSD Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa tergolong mahasiswa yang berpotensi, akan tetapi dalam observasi awal, motivasi belajar mahasiswa dalam pembelajaran matematika masih kurang. Hal ini dapat dilihat melalui aktivitas mahasiswa selama mengikuti proses pembelajaran diantaranya reaksi mahasiswa cenderung pasif dan kurang antusias, konsentrasi mahasiswa yang mudah terpecah karena merasa bosan sehingga beberapa mahasiswa terlihat kurang kondusif. Setelah melakukan observasi awal, berkonsultasi dengan dosen pamong (Rosidah Aliim,H., M.Pd.) dan mengkaji teori-teori serta hasil penelitian yang relevan, diperoleh salah satu solusi alternatif untuk mengatasi kesenjangan ini yaitu menggunakan strategi Relating, Experiencing, Applying, Cooperating dan Transferring (REACT) berbantuan media pembelajaran dengan harapan strategi yang diintegrasikan dengan media pembelajaran ini dapat secara efektif meningkatkan motivasi belajar mahasiswa.

Selama praktik pembelajaran, mahasiswa melakukan strategi Relating yaitu mengaitkan konsep-konsep baru yang akan dipelajari dengan konsep-konsep yang sudah diajarkan melalui pengajuan pertanyaan seputar materi prasyarat dan dikaitkan dengan kehidupan nyata; Experiencing yaitu memberikan pengalaman melalui kegiatan manipulatif media pembelajaran dan atau pengamatan video serta model suatu bangun yang dilakukan dalam kelas untuk memperoleh pengetahuan baru tentang materi yang dipelajari; Applying yaitu menerapkan materi atau konsep yang telah dipelajari untuk digunakan dalam menjawab soal yang tertera dalam Lembar Kerja Mahasiswa (LKM); Cooperating yaitu bekerja sama dalam konteks saling tukar pikiran, mengajukan dan menjawab pertanyaan, komunikasi interaktif antarsesama mahasiswa, antarmahasiswa dengan dosen praktikan; Transferring yaitu kemampuan untuk menstransfer pengetahuan yang telah dimiliki untuk menjawab soal evaluasi yang dikemas dalam bentuk lain dan tugas menyusun kerangka konseptual sebagai bahan ajar ke-SD-an guna menerapkan pengetahuan konseptual bidang studi di Sekolah Dasar. Seusai melaksanakan pembelajaran, dosen pamong bersama praktikan melakukan refleksi terhadap hasil pembelajaran.

Berdasarkan analisis data hasil uji n-gain menunjukkan bahwa peningkatan motivasi belajar mahasiswa sebesar 0,59 (0,70 > 0,59 ≥ 0,30) atau berkategori sedang. Hasil uji t juga menunjukkan bahwa nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05) maka Ho ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan motivasi belajar antara sebelum dan setelah menggunakan strategi REACT berbantuan media pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi REACT berbantuan media pembelajaran efektif dalam meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. Berdasarkan hasil penelitian maka strategi REACT berbantuan media pembelajaran dapat dijadikan solusi alternatif dalam pembelajaran matematika. (Elisa Hikmadewi/ S2 Dikdas A)