SEKOLAH RAMAH ANAK DI SDN TLACAP SLEMAN YOGYAKARTA

Sekolah Dasar Negeri (SDN) Tlacap merupakan salah satu SDN yang ada diKecamatan Sleman Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Lokasi SDN Tlacap yaitu di Jalan Griya Taman Asri Dusun Tlacap Kelurahan Pandowoharjo Kecamatan Sleman Kabupaten Sleman Yogyakarta. Sekolah ini berdiri pada tanggal 1 Juli 2005 dengan status Sekolah Negeri yang saat ini memiliki Akreditasi A. Luas sekolah ini adalah 5.565 M2  , memiliki  halaman sekolah yang luas dan sejuk. Ruang belajar yang memadai, disekolah ini terdiri dari 12 ruangan kelas, setiap tingkatan kelas memiliki 2 rombel. SDN Tlacap merupakan sekolah yang dijadikan Pilot Project pelaksanaan kurikulum 2013 di Kecamatan Sleman terhitung sudah tiga tahun sejak diterapkannya kurikulum 2013. Selain sebagai Pilot Project pelaksanaan kurikulum 2013, SDN Tlacap juga merupakan Pilot Project  Sekolah Ramah Anak.

Setiap hari guru yang mengajar disekolah ini datang lebih awal. Berbaris rapi di depan pintu gerbang sekolah menyambut datangnya siswa, satu persatu siswa di salami, hal ini merupakan salah satu program dari sekolah ini yang merupakan pilot project Sekolah Ramah Anak (SRA). Sekolah Ramah Anak dapat didefinisikan sebagai sekolah yang bergerak berlandaskan kepentingan yang terbaik untuk anak, menyediakan kondisi sosial, fisik dan emosional yang tepat untuk mempromosikan pembelajaran dan pembaruan identitas. Lingkungan sekolah ini dimaksudkan untuk melindungi hak anak menuju pada realisasi potensi terbaik mereka di dalam dan di luar sekolah. Pilar – pilar sekolah ramah anak, proaktif inklusif, efektifitas secara akademis dan relavan dengan kebutuhan anak, sehat, aman dan melindungi, responsive gender serta memungkinkan adanya partisipasi keluarga dan komunitas.

Salah satu pilar utama SRA ialah tersedianya lingkungan  yang sehat, aman dan protektif. Sekolah juga berfungsi melindungi hak anak agar anak merasa aman dari kekerasan, penganiayaan dan eksplotasi. Mengingat sekolah ialah “Taman Siswa” yang memang pada dasarnya tepat yang indah serta di idamkan. Sekolah ini memang didukung sarana dan prasarana yang cukup memadai, halaman sekolah yang luas dan sejuk, fasilitas pembelajaran begitu lengkap disekolah ini sehingga memungkinkan kondisi emosional anak berkembang dengan baik. Psikologi anak yang terganggu emosionalnya dapat terlihat dari susunan saraf yang berubah jika dilihat dari struktur otak yang dimiki, namun hal itu sulit untuk di deteksi, hal yang paling mudah ialah melihat tingkah lakunya, perubahan tingkah laku tersebut dapat di akibatkan dari orang terdekat, lingkungan bahkan media. Banyak kasus yang ditemui orang tua sudah benar dalam mendidik anaknya namun ketika anak tersebut berinteraksi dengan lingkungan, pergi kesuatu tempat dan melihat tayangan TV ia melihat suatu yang tidak baik dan ditiru olehnya, maka dari itu semua bertangung jawab untuk menciptakan lingkungan ramah anak. Termasuk lingkungan di sekolah, sekolah jelas memainkan peran penting dalam mengasah kemampuan yang statis dan biasanya keterampilan terpenting mudah dibentuk. Ini berarti bahwa para pembuat kebijakan, guru dan orang tua dapat menjadi pengaruh kuat untuk melakukan perbaikan pada lingkungan belajar di mana anak – anak berkembang. Maka dari itulah sekolah ramah anak sangat tepat untuk kita sukseskan bersama, mendidik anak menjadi individu yang beretika atau bermoral, maka seluruh proses dan tujuan pendidikan harus etis dan memiliki integritas.

SDN Tlacap selalu melibatkan siswa dalam beberapa hal, siswa dilibatkan dalam penentuan warna dinding kelas, jenis gambar atau hiasan yang akan ditempel, peletakan alat-alat belajar, penataan buku-buku perpustakaan, penyusunan alat permainan, penataan alat olahraga sekaligus dalam hal ini merupakan penerapan prinsip-prinsip yang digunakan di dalam Sekolah Ramah Anak. (Syarifuddin)