You are here

Sederhana Namun Bermakna

Air, udara, dan tubuh yang sehat merupakan anugerah dari Tuhan yang sangat penting, besar manfaatnya, dan perlu disyukuri. Manusia sebagai makhluk  yang ditugasi Tuhan sebagai khalifah di muka bumi perlu mengetahui, menjaga, dan melestarikan sumber daya air dan udara serta menjaga kesehatan tubuhnya dengan penuh tanggung jawab.

Praktek pembelajaran yang dilaksanakan di SD Negeri Lempuyangwangi sudah menggunakan kurikulum 2013 tematik terpadu. Praktek pembelajaran dilaksanakan di kelas V dengan tema 9 subtema 3 pembelajaran 2 diintegrasikan dengan kegiatan sosialisasi pentingnya pelestarian ekosistem air dan udara serta bahaya merokok dengan media sederhana berupa botol bernomor dan video singkat. Media berupa tiga buah botol yang diisi jenis air yang berbeda. Botol pertama diisi air mineral yang dapat diminum, botol ke-dua berisi campuran air dengan sampah dan botol ke-tiga berisi campuran air bersih dengan abu rokok. Siswa secara berkelompok dipersilakan untuk membandingkan perbedaan dari ketiga botol tersebut dengan cara mengamati dan membaunya.

Setelah kegiatan tersebut selesai siswa dipersilakan untuk menonton video yang ditampilkan tentang bahaya merokok bagi kesehatan. Semua kegiatan dalam pembelajaran tersebut mungkin biasa-biasa saja dan sangat sederhana. Meskipun demikian, ada hal yang patut disyukuri. Siswa menjadi sadar akan pentingnya pelestarian air dan bahaya merokok bagi kesehatan. Saat kegiatan pembelajaran hampir selesai, dengan melakukan tanya jawab acak secara individu terutama siswa laki-laki, ternyata terdapat seorang siswa yang pernah merokok. Dilakukanlah perbincangan pribadi tentang sebab terpengaruh merokok dan sebainya. Singkat cerita, akhirnya siswa tersebut sadar dan bersedia untuk tidak merokok lagi. Sederhana, namun bermakna.

 

Wijang Candi Kirana - Mahasiswa Prodi Pendidikan Dasar 2016

Kontak Kami

PROGRAM PASCASARJANA

Kampus Karangmalang, Yogyakarta 55281
Telp. +62274-550836 (front office), Hunting +62274-586168, Psw. 229; 285; & 367
Fax. +62274-520326
Website : 
http://pps.uny.ac.id
Contact Persons :

Sujarwo (081578886039)