You are here

Riset dan Praktik Pembelajaran PGSD di UNY(Universitas Negeri Yogyakarta) Kampus Wilayah Wates

.Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta terus berinovasi untuk mencetak calon pendidik yang berkualitas. Salah satu usaha yang dilakukan Pascasarjana UNY adalah dengan memberikan mata kuliah riset dan praktik pembelajaran PGSD kepada para mahasiswa pascasarjana. Mata kuliah riset dan praktik pembelajaran PGSD merupakan salah satu mata kuliah yang harus ditempuh oleh mahasiswa pascasarjana. Mata kuliah riset dan praktik pembelajaran PGSD ditempuh pada semester 3. Mata kuliah riset dan praktik pembelajaran PGSD memiliki tujuan untuk memberikan bekal kepada para calon dosen untuk memiliki pengalaman mengajar mahasiswa di lingkungan universitas. Dalam mata kuliah ini, mahasiswa pascasarjana UNY prodi DIKDAS dituntut untuk dapat mengajar dan menghadapi permasalah yang terjadi secara nyata di dalam kegiatan belajar mengajar mahasiswa PGSD S1.

Sebelum terjun ke lapangan untuk mendapatkan pengalaman nyata, mahasiswa pascasarjana diberikan bekal bagaimana cara memanajem kelas, bagaimana menyusun RPS (Rencana Pembelajaran Semester), dan bagimana cara menyusun SAP (Satuan Acara Perkuliahan) oleh dosen pengampu mata kuliah riset dan praktik pembelajaran PGSD, yaitu Dr. Ali Mustadi. Pelaksanaan praktik pembelajaran dilakukan sekurang-kurangnya 5 kali praktik. Sebelum melakukan praktik pembelajaran di universitas, mahasiswa pascasarjana harus melakukan observasi kelas terlebih dahulu untuk dapat memahami situasi kelas, karakteristik mahasiswa di kelas tersebut, dan mengetahui masalah yang terjadi di dalam kelas. Observasi yang telah dilakukan, kemudian digunakan untuk menentukan metode atau model pembelajaran yang cocok diterapkan dalam kelas tersebut.

Riset dan praktik pembelajaran yang dilakukan memerlukan waktu  kurang lebih 3 bulan. Kegiatan riset dan praktik pembelajaran PGSD, dilakukan di UNY (Universitas Negeri Yogyakarta) Kampus Wilayah Wates. Kampus UNY wilayah wates merupakan bagian dari FIP UNY, hanya saya memiliki letak kamus yang agak jauh dari kampus pusat. Alamat kampus UNY wilayah wates berada di Jl. Mandung Pengasih Kulonprogo. Mahasiswa praktikan mengampu 1 kelas PGSD, yaitu kelas 1 E. Pada saat kegiatan riset dan praktik pembelajaran, praktikan mengampu mata kuliah matematika dasar dengan dosen pamong Bapak P. Sarjiman, M. Pd. Sebelum melakukan kegiatan riset dan praktik pembelajaran, praktikan melakukan observasi kelas beberapa kali. Observasi dilakukan untuk mengetahui situasi kelas, karakteristik kelas, dan memahami masalah yang terjadi di kelas saat proses kegiatan pembelajaran berlangsung. Dari observasi yang dilakukan, masalah yang ditemukan praktikan adalah rendahnya motivasi belajar mahasiswa. Pada kesempatan berikutnya praktikan menentukan metode atau model pembelajaran yang dapat mengupayakan peningkatan motivasi belajar. Riset yang dilakukan berjudul “Peningkatkan Motivasi Belajar Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Mahasiwa Semester 1 PGSD UNY”. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Hasil dari penelitian yang dilakukan, menunjukkan terjadi peningkatan motivasi belajar mahasiswa dengan model pembelajaran PjBL.

Yudit Pardianti/ 15712251001

Kontak Kami

PROGRAM PASCASARJANA

Kampus Karangmalang, Yogyakarta 55281
Telp. +62274-550836 (front office), Hunting +62274-586168, Psw. 229; 285; & 367
Fax. +62274-520326
Website : 
http://pps.uny.ac.id
Contact Persons :

Sujarwo (081578886039)