You are here

Riset dan Praktik Pembelajaran PGSD di Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST)

Riset dan Praktik Pembelajaran PGSD

di Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST)

Riset dan Praktik Pembelajaran PGSD merupakan salah satu matakuliah wajib yang harus ditempuh oleh mahasiswa Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta program studi pendidikan dasar. Mata kuliah riset dan praktik pembelajaran PGSD dilaksanakan pada semester 3. Pada mata kuliah ini mahasiswa pendidikan dasar dituntut untuk mempunyai pengalaman langsung mengajar mahasiswa dan memberikan solusi terhadap suatu permasalahan belajar dalam kegiatan perkuliahan di PGSD.

Mahasiswa pascasarjana prodi pendidikan dasar diberikan pembekalan terkait cara-cara mengajar mahasiswa, diberikan bimbingan unuk menyusun RPS (Rancangan Pembelajaran Semester) dan SAP (Satuan Acara Perkuliahan) oleh bapak Dr. Ali Mustadi sebagai dosen pengampu mata kuliah riset dan praktik pembelajaran PGSD. Persiapan yang harus dilakukan sebelum melaksanakan pengalaman mengajar mahasiswa ialah melakukan koordinasi dengan pihak universitas, penerjunan, melakukan koordinasi dengan dosen pamong, dan melakukan observasi pelaksanaan perkuliahan untuk mengetahui situasi pelaksanaan perkulihan serta mengenal karakteristik dan keragaman mahasiswa yang akan diajar. Dari hasil observasi perkuliahan, maka dapat ditentukan model pembelajaran yang akan digunakan untuk praktik pembelajaran PGSD.

Riset dan praktik pembelajaran di PGSD dilaksanakan lima kali masuk kelas untuk mengajar. Kegiatan ini dilaksanakan di kampus III Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST). Praktikan mendapatkan pengalaman mengajar mata kuliah IPA Tepadu dengan dosen pamong yaitu Ibu Retno Utaminingsih, M.Pd. Praktikan mendapatkan kesempatan mengajar di dua kelas yaitu 3F dan kelas 3H, namun sebelum melakukan riset dan praktik PGSD, praktikan melakukan observasi dahulu. Berdasarkan hasil observasi maka praktikan melakukan penelitian ekperimen dengan judul “Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) terhadap Keterampilan Komunikasi Mahasiswa PGSD UST Semester 3”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model PjBL terhadap keterampilan komunikasi.

 

Lucia Yuni Nawangsih/ 15712251025

Kontak Kami

PROGRAM PASCASARJANA

Kampus Karangmalang, Yogyakarta 55281
Telp. +62274-550836 (front office), Hunting +62274-586168, Psw. 229; 285; & 367
Fax. +62274-520326
Website : 
http://pps.uny.ac.id
Contact Persons :

Sujarwo (081578886039)