Riset dan Praktik Pembelajaran di S1 PGSD UNIVET Sukoharjo

Mahasiswa Program Pascasarjana (PPs)  Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Program Studi Pendidikan Dasar (PD) Konsentrasi Akademisi Tahun Akademik 2015/2016  semester 3 (tiga) melakukan praktik pembelajaran PGSD.  Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh seluruh mahasiswa dari kelas A, kelas B, dan kelas C. Praktik pembelajaran dilaksanakan guna memenuhi tugas mata kuliah Riset dan Praktik Pembelajaran PGSD.

Salah satunya, Supatmo, mahasiswa kelas A, melaksanakan praktik pembelajaran PGSD di Universitas Veteran Bangun Nusantara (UNIVET) Sukoharjo pada tanggal 21 Oktober-18 November 2015. Pada semester 3 ini, Program studi PGSD UNIVET memiliki 6 (enam) kelas yang terdiri dari kelas A – F. Supatmo memilih kelas E sebagai kelas praktik dan eksperimen pada mata kuliah Matematika II dengan dosen pamong Drs. Krisdianto, M.Pd. Materi yang disampaikan yaitu bilangan bulat, KPK, dan FPB.

Supatmo melaksanakan praktik pembelajaran mahasiswa S1 PGSD dengan menggunakan media benda konkret. Benda konkret tersebut berupa buah-buahan untuk menanamkan konsep pembelajaran matematika dan cara mengajarkan kepada peserta didik sekolah dasar. Mahasiswa mengikuti perkuliahan dengan motivasi dan respon positif. Hal itu, dibuktikan ketika mahasiswa memperagakan benda konkret di depan kelas berebut untuk maju.

Dalam pelaksanaan praktik pembelajaran, Supatmo juga melaksanakan riset pembelajaran PGSD berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Riset tersebut bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika melalui media benda konkret. Dari riset tersebut diperoleh peningkatan rata-rata persentase pemahaman konsep yaitu pratindakan 40%, setelah diadakan siklus I hasil rata-rata meningkat menjadi 65%, dan setelah dilakukan siklus II hasil rata-rata meningkat menjadi 94%. Sementara kemajuan sikap dan tingkah laku mahasiswa saat proses kuliah, ditunjukkan dengan meningkatnya keaktifan dan partisipasi mahasiswa. (Supatmo/S2 Dikdas A)