You are here

Riset dan Praktik Pembelajaran di PGSD UPY pada Pembelajaran IPA 2

.

Riset dan Praktik pembelajaran PGSD merupakan salah satu mata kuliah wajib pada semester 3, yang ditujukan untuk mahasiswa pada Program Studi Pendidikan Dasar Pasca Sarjana UNY yang berbobot 3 SKS. Mata kuliah tersebut di laksanakan selama 1 semester, terhitung dari bulan September-Desember. Sebelum melakukan Riset dan Praktik langsung di Lapangan, Dosen yang mengampu mata kuliah Riset dan Praktik membagi kami sesuai dengan konsentrasi masing-masing yang telah diambil oleh mahasiswa. Setelah itu dosen juga membekali kami cara menyusun RPS yang efektif. Selain itu juga dalam melakukan Riset dan Praktik di lapangan kami perlu mencari sendiri universitas yang memiliki program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar untuk tingkatan S1.

Saya bersama 18 orang teman saya dari berbagai konsentrasi lainnya yang berasal dari kelas A, B, dan C mendapatkan tempat Riset dan Praktik di Universitas PGRI Yogyakarta yang beralamatkan di Sonosewu Kasihan Bantul. Alasan kami melakukan Praktik dan Riset di Kampus tersebut, karena kampus tersebut memiliki  Program Studi PGSD, selain itu dosen pengampu mata kuliah Riset dan Praktik menyetujui untuk melaksanakan Riset dan Praktik di Kampus tersebut.

Setelah kami menghubungi dan bertemu dengan KaProdi di kampus tersebut untuk meminta ijin melakukan Riset dan Praktik di kampus tersebut dengan senang hati beliau mengijinkan kami. Penerjunan diselenggarakan pada hari Selasa, tanggal 11 Oktober 2016 oleh Bapak Dr. Ali Mustadi, M.Pd. dan diterima dengan senang hati oleh ibu Dekan FIP kampus UPY Ibu Hj. Dr. Wahyu Miani M.Pd. yang ternyata adalah istri dari dosen UNY Prof.Badrun.

Setelah acara penerjunan, kemudian dosen dari kampus UPY membagikan lembar yang berisikan pembagian dosen pamong. Setelah kami bertemu dengan dosen pamong, dosen pamong memberikan kesempatan untuk observasi terlebih dahulu di kelas yang telah ditentukan oleh dosen pamong yaitu di kelas A1-2015 pada mata kuliah IPA 2.

Setelah saya selesai melakukan observasi, saya melakukan kesepakan dengan dosen pamong berapa kali saya bisa melakukan Riset dan Praktik di kelas A1-2015 tersebut. Saya diberi kesempata untuk masuk kelas selama 6x pertemuan, yang setiap pertemuan di temani oleh dosen pamong itu sendiri, dan teman dari kosetrasi saya IPA yang juga melakukan Riset dan Praktik di kampus tersebut tetapi di kelas yang berbeda.

Saya menentukan model dan metode apa yang akan saya gunakan nanti dari hasil saat melakukan observasi Riset dan Praktik. Sesuai dengan hasil observasi yang saya lakukan pada hari Kamis, 13 Oktober 2016,  disitu saya dapat melihat kebutuhan proses pembelajaran yang bagaimana yang sebaharusnya diterapkan, dengan cara belajar dari beberapa gaya belajar mahasiswa yang ada di kelas tersebut. Dan saya dengan teman saya juga Dosen Pamong sepakat untuk melakukan PTK di kelas A1-2015 pada pembelajaran IPA dengan judul “Peningkatan hasil belajar IPA2 tentang batuan, tanah, planet dan bumi melalui model STAD pada siswa kelas A1-2015 UPY”

Sesuai dengan pengalaman saya melakukan Praktik dan Riset di kampus tersebut, saya senang karena dosen pamong dan dosen-dosen lain menerima keberadaan kami disana selama kurang lebih 3 bulan dengan wajah yang menyenangkan. Sehingga kami yang melakukan Praktik dan Riset disana juga nyaman tanpa rasa takut karena merupakan orang baru disana. Disamping itu mata kuliah ini sangat bermanfaat bagi kami mahasiswa Dikdas karena disitu kita dapat mengambil banyak sekali hikmah dan pengalaman yang beharga, kita terjun langsung dan merasakan bagaimana menjadi posisi seorang dosen di depan mahasiswa dan juga menambah pengalaman mengajar yang insyaalloh akan sangat bermanfaat buat kami mahasiswa Dikdas kedepannya.

(INDAH MUTIATUL KARIM, S2 DIKDAS A)

Kontak Kami

PROGRAM PASCASARJANA

Kampus Karangmalang, Yogyakarta 55281
Telp. +62274-550836 (front office), Hunting +62274-586168, Psw. 229; 285; & 367
Fax. +62274-520326
Website : 
http://pps.uny.ac.id
Contact Persons :

Sujarwo (081578886039)