You are here

Riset dan Praktik Pembelajaran di PGMI UIN Sunan Kalijaga (discovery learning untuk meningkatkan keaktifan mahasiswa)

Mata kuliah Riset dan praktik pembelajaran PGSD merupakan salah satu matakuliah bagi mahasiswa pascasarjana UNY. Matakuliah ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk  mempraktikan secara langsung teori-teori, konsep serta prinsip-prinsip dalam pembelajaran. Dalam matakuliah ini mahasiswa melakukan riset dan praktik pembelajaran, menganalisis masalah sesungguhnya, merancang pembelajaran, melaksanakan sekaligus menilai proses pembelajaran. Selain hal tersebut, melalui matakuliah ini mahasiswa melakukan suatu solusi pembelajaran yang inovatif yaitu melaksanakan penilaian prestasi belajar mahasiswa dengan menggunakan Lesson Study.

Riset dan praktik pembelajaran dilaksanakan di PGMI Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penerjunan dilakukan pada tanggal 22 September 2016 yang dipimpin oleh Dr. Ali Mustadi M.Pd. selaku dosen matakuliah riset dan praktik pembelajaran PGSD dan menerjunkan 8 mahasiswa Pascasarjana UNY dari berbagai macam konsentrasi. Penerjunan dilakukan secara sederhana dengan sambutan yang sangat ramah. Untuk konsentrasi Matematika, konsentrasi yang diambil oleh penulis, ditempati tiga anak dengan dosen pamong ibu Luluk Mauluah M.Si. selaku dosen matakuliah Matematika II dan Pembelajarannya di PGMI UIN.

Riset dan praktik dilakukan untuk meningkatkan keaktifan mahasiswa dikelas matematika PGMI UIN Sunan Kalijaga. Kelas dengan jumlah mahasiswa sebanyak 32 anak didominasi oleh perempuan dibandingkan dengan laki-laki. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan, didapati bahwa tipe belajar mahasiswa PGMI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta adalah auditori dan kinestetik. Berdasarkan karakteristik kelas dan tipe belajar yang dimiliki, maka penulis mengadakan riset tentang penggunaan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan keaktifan mahasiswa PGMI. Riset dan praktik dilaksanakan dibulan September sampai dengan Oktober. Kegiatan berlangsung cukup lancar dengan bantuan dosen pamong dan dua teman seperjuangan yang bertindak sebagai observer dan pemberi masukan atas kekurangan dalam pelaksanaan pembelajaran sehingga didapatkan proses pembelajaran yang maksimal. Hasil dari riset dan praktik pembelajaran adalah meningkatnya keaktifan mahasiswa setelah pembelajaran dilakukan menggunakan model discovery learning sebanyak dua siklus belajar. Matakuliah praktek dan riset pembelajaran PGSD memberikan banyak masukan tentang kebenaran suatu teori apabila dipraktikan apakah akan selamanya berhasil? Ternyata banyak kendala yang harus dibenahi dan membutuhkan masukan dari berbagai pihak serta perbaikan secara berkala.

Kontak Kami

PROGRAM PASCASARJANA

Kampus Karangmalang, Yogyakarta 55281
Telp. +62274-550836 (front office), Hunting +62274-586168, Psw. 229; 285; & 367
Fax. +62274-520326
Website : 
http://pps.uny.ac.id
Contact Persons :

Sujarwo (081578886039)