RISET DAN PRAKTIK PEMBELAJARAN DI KAMPUS PGSD IKIP PGRI WATES

.

Mahasiswa Program Pascasarjana (PPs)  Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Program Studi Pendidikan Dasar (PD) Konsentrasi Akademisi Tahun Akademik 2015/2016  semester 3 (tiga) melakukan riset dan praktik pembelajaran PGSD.  Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh seluruh mahasiswa dari kelas A, kelas B, dan kelas C. Riset dan praktik pembelajaran dilaksanakan guna memenuhi tugas mata kuliah Riset dan Praktik Pembelajaran PGSD.

Salah satunya, Puput Hermawan, mahasiswa kelas A, melaksanakan riset dan praktik pembelajaran PGSD di kampus PGSD IKIP PGRI WATES. Puput Hermawan melakukan riset dan praktik pembalajaran pada kelas semester V pada mata kuliah Pendidikan Matematika 2 dengan dosen pamong  Geyol Sugiyanto, M.Si. Materi yang disampaikan yaitu bilangan rasional & irasional dan bangun ruang.

Puput Hermawan melaksanakan riset dan praktik pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe course review horay. Model pembelajaran tersebut merupakan model pembelajaran yang menyanangkan, karena mahasiswa diajak untuk bermain sambil belajar untuk menjawab berbagai pertanyaan yang disampaikan secara menarik dari dosen. Tipe pembelajaran ini dapat mendorong mahasiswa untuk ikut aktif dalam pembelajaran dan mahasiswa lebih semangat dalam belajar karena pembelajarannya tidak monoton diselingi sedikit hiburan sehingga suasana tidak menegangkan yang cocok diterapkan pada perkuliahan matematika.

Puput Hermawan melaksanakan riset pembelajaran PGSD dengan model penelitian PTK. Riset tersebut bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe course review horay. Dari hasil riset dapat diketahui bahwa model pembelajaran kooperatif tipe course review horay dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika di PGSD. Hasil riset tersebut yaitu terdapat peningkatan rata-rata persentase pemahaman konsep matematika dari pratindakan 44,83%, setelah perlakuan siklus I hasil rata-rata meningkat menjadi 72,42%, dan setelah perlakuan siklus II hasil rata-rata meningkat menjadi 89,67%. (Puput Hermawan / S2 Dikdas A)