RISET DAN PRAKTIK PEMBELAJARAN BERSAMA MAHASISWA S1 PGSD UMS

Kembali ke almamter tidak lantas membuat mahasiwi dikdas B ini merasa canggung. Ya, Ristiya Krisnawati merupakan salah satu mahasiswi Program Pascasarjan (PPs) Universitas Negeri Yogyakarta yang tengah menyelesaikan mata kuliah Riset dan Praktik Pembelajaran PGSD di Universitas Muhammadiyah Surakarta. Hanya dalam hitungan minggu, mahasiswi kelahiran Boyolali ini dipertemukan dengan beliau Ibu Ika Candra Sayekti, M.Pd. selaku dosen pamong dalam mata kuliah Pendidikan IPA SD. Singkat memang, namun oleh beliaulah Praktikan berkesempatan melakukan riset dan praktik pembelajaran terhitung mulai tanggal 21 Oktober-3 Desember 2015.

Dalam melaksanakan riset dan praktik pembelajaran, praktikan berkesempatan untuk mengajar mahasiswa semester 3 kelas E. Materi yang disampaikan mengacu pada SAP/ RPS yang telah disetujui oleh dosen pamong PGSD FKIP UMS. Dalam pelaksanaanta, praktikan sekaligus melaksanakan riset berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Riset tersebut bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar IPA mahasiswa melalui penggunaan video belajar yang dipadupadankan dengan pendekatan scientific.

Berdasarkan riset tersebut diperoleh peningkatan rata-rata persentase hasil belajar mahasiswa meningkat dalam tiap siklusnya, yaitu sebelum ada tindakan daya serap mahasiswa sebesar 41%, pada siklus I mencapai 70%, dan pada siklus II daya serap mahasiswa mencapai 91%. Sementara peningkatan sikap kreatif ditunjukkan dengan adanya peningkatan kreativitas yang dapat dilihat melalui indikator A yakni kemampuan berpikir lancar (fluency) yang ditandai dengan perilaku mahasiswa dalam mengerjakan tugas dengan cepat dan tepat. Indikator B atau ingin tahu yang ditandai dengan perilaku mahasiswa suka bertanya. Dalam kategori penilaian kreativitas sering terlihat oleh mahasiswa sebelum ada tindakan tercatat 12 atau sebesar 25% mahasiswa, pada siklus I tercatat 30 atau 62% mahasiswa, pada siklus II sejumlah 38 atau 79% mahasiswa. Sedangkan dalam indikator B atau ingin tahu yang ditandai dengan perilaku mahasiswa suka bertanya. Dalam kategori penilaian kreativitas sering terlihat oleh mahasiswa sebelum ada tindakan tercatat 8 atau sebesar 33% mahasiswa, pada siklus I tercatat 34 atau 70% mahasiswa, pada siklus II sejumlah 44 atau 91% mahasiswa. (Praktikan/ S2 Dikdas B)