REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SD KELAS TINGGI DI UNIVERSITAS SARJANAWIYATA TAMANSISWA YOGYAKARTA

              Pembelajaran Matematika SD Kelas Tinggi merupakan salah satu mata kuliah yang ada di Program Studi PGSD UST. Mata kuliah ini membekali mahasiswa untuk mempunyai kemampuan tentang dasar aljabar dan aritmetika serta mampu menggunakannya untuk menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Mata kuliah ini membahas tentang materi matematika SD kelas tinggi.

            Strategi pembelajaran mata kuliah ini dengan menggunakan Realistic Mathematic Education (RME). RME merupakan salah satu pendekatan pembelajaran dalam matematika yang menuntut mahasiswa aktif selama proses pembelajaran. Inovasi Pembelajaran yang dilakukan dalam menerapkan model pembelajaran ini adalah mahasiswa akan secara nyata dan secara langsung melakukan sebuah percobaan atau praktik pembelajaran. Dengan menggunakan masalah kontekstual mahasiswa diajak untuk memahami permasalahan dalam kehidupan sehari-hari dan dapat menyelesaikan permasalah yang ditemui. Pada materi mencari jaring-jaring dan luas permukaan bangun ruang, mahasiswa diajak untuk mencari bagaimana luas permukaan bangun ruang dari benda-benda nyata yang sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari dan bagaimana cara menerapkannya.

            Hasil dari riset ini karena mahasiswa diajak untuk mengaitkan ilmu yang diperolehnya ke dalam dunia nyata, maka kemampuan pemecahan masalah matematika para mahasiswa dapat meningkat. Motivasi belajar dapat meningkat karena mahasiswa termotivasi untuk terus mencari tahu bagaimana cara mencari rumus luas permukaan bangun ruang. Keaktifan belajar mahasiswa juga terlihat meningkat, hal ini dikarenakan mahasiswa dituntut untuk lebih aktif ketika pembelajaran. Pembelajaran menggunakan pendekatan realistik ini dapat digunakan sebagai solusi untuk membelajarkan matematika menjadi lebih bermakna sehingga pemahaman konsep matematika dapat tertanam dengan baik.

Nama   : Maziyatul Khusna

NIM    : 15712251013