You are here

REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) DALAM PEMBELAJARAN LOGIKA HIMPUNAN DI PGSD UST

.Logika himpunan matematika merupakan salah satu mata kuliah di semester 1 di PGSD UST. Tujuan dari mata kuliah ini yaitu untuk memberikan keterampilan dan bekal bagi mahasiswa dalam menguasai dasar logika dan himpunan serta mampu menggunakannya untuk menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Materi yang diajarkan mengenai pembuktian logika dengan tabel kebenaran, penyederhanaan, dan aturan penukaran/inferensi

Pembelajaran logikan himpunan matematika dilakukan dengan inovasi pendekatan Realistic Mathematic Education (RME). Realistic Mathematic Education (RME) adalah sebuah konsep pembelajaran yang menekankan pada kegiatan yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari. Dalam pembelajaran, mahasiswa diarahkan untuk memahami sebuah konsep nyata yang nantinya akan dapat diterapkan dalam kehidupan mereka. Selain itu RME juga dapat digunakan sebagai konsep untuk memecahkan masalah yang ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Model ini menuntut mahasiswa untuk terlibat aktif dalam pembelajaran di kelas.

Hasil dari penerapan pendekatn RME dalam pembelajarn logikan dan himpunan yaitu motivasi mahasiswa meningkat. Hal ini dikarenakan pada awal pembelajaran mahasiswa di beri permasalahan riil yang harus dipecahkan, sehingga mahasiswa merasa tertantang untuk menjawabnya. Dalam pembelajaran ini, mahasiswa di ajak untuk berdiskusi mengenai validitas argumen. Selama pembelajaran, mahasiswa lebih aktif untuk menyampaikan pendapatnya. Dalam kegiatan diskusi, masing-masing mahasiswa secara bergantian menyampaikan pendapatnya mengenai permasalahan yang ada. Mahasiswa juga tidak malu untuk menanyakan materi pelajaran yang belum dikuasai. 

Kontak Kami

PROGRAM PASCASARJANA

Kampus Karangmalang, Yogyakarta 55281
Telp. +62274-550836 (front office), Hunting +62274-586168, Psw. 229; 285; & 367
Fax. +62274-520326
Website : 
http://pps.uny.ac.id
Contact Persons :

Sujarwo (081578886039)