Praktik Pembelajaran PGSD UAD yang Asik dan Egaliter

Dengan memperkenalkan aplikasi pembelajaran Padlet sebagai salah satu hal dan aktivitas yang baru berbasis teknologi dalam perkuliahan prodi PGSD di Universitas Ahmad Dahlan, Ardita Markhatus Solekhah, S.Pd selaku mahasiswa praktikan memperoleh kesan dan keberterimaan yang baik oleh mahasiswa. Agenda praktik ini diberikan dalam rangka memenuhi tugas Mata Kuliah Riset dan Praktik Pembelajaran PGSD di semester tiga Prodi Pendidikan Dasar untuk kelas akademisi yang diampu oleh Dr. Ali.Mustadi, M.Pd.

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiwa dalam memahami standar nasional pendidikan, KKNI PGSD, dan mempraktikkan teori, konsep, prinsip-prinsip, prosedur, serta pengelolaan belajar dan pembelajaran terkini baik yang terjadi di dalam maupun di luar kelas yang diperoleh selama perkuliahan melalui riset dan praktik pembelajaran di PGSD secara lebih aplikatif.

Dalam pelaksanaannya, mahasiswa praktikan yang dibimbing oleh dosen pendamping yakni Ibu Hanum Hanifa Sukma, M.Pd berkesempatan mengajar enam pertemuan sesuai dengan konsentrasi yang diambil di kelas 3D dan 3E yaitu mata kuliah Bahasa dan Sastra Indonesia. Selama praktik berlangsung, beberapa inovasi yang dilakukan bertujuan menciptakan suasana perkuliahan yang mengasikkan yang didukung oleh budaya egaliter khas Muhammadiyah bagi para calon Bapak Ibu Guru yaitu melalui aktivitas Perkuliahan dan kuis berbasis Padlet, melakukan simulasi debat dan membuat media bermain membaca, menekankan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) untuk membuat perangkat pembelajaran dan media pembelajaran berbicara, membuat instrumen penilaian berbicara, serta melakukan penilaian sejawat.

Riset terhadap perkuliahan berdasarkan permasalahan yang ditemukan menjadi bagian wajib mata kuliah ini. Untuk memperoleh irisan dan keterkaitan dengan judul tesis yang telah disetujui, riset yang dilakukan selama praktik berjudul “Perbedaan Kemampuan Membaca Pemahaman Literal Mahasiswa Laki-Laki dan Perempuan di PGSD UAD melalui Teknik SQ3R”

Ardita Markhatus Solekhah, S.Pd-Mahasiswa Dikdas 2015