You are here

PRAKTIK DAN RISET METODE PEMBELAJARAN PROBLE BASED LEARNING (PBL) DI UNIVERSITAS SARJANAWIYATA TAMANSISWA

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), sebuah universitas yang tidak asing di terdengar di kalangan civitas academica sampai di kalangan anak-anak SMA, yaitu universitas yang melahirkan pendidik-pendidik berkualitas, baik di tingkat sekolah dasar, sekolah menengah maupun di perguruan tinggi. Sebagai universitas pendidikan, UNY memiliki banyak fakultas, maupun program pascasarjana. Salah satu proram pascasarjana adalah program pendidikan dasar, prodi yang mencetak calon dosen dilingkungan pendidikan dasar, menjadi kewajiban untuk mendidik mahasiswanya melaksanakan risert dan praktik sehingga mahasiswanya memiliki bekal yang kuat untuk diterapkan dilapangan, salah satunya termuat dalam kurikulum pendidikan dasar yang ditempuh di semester 3.

Pelaksanaan praktik dan riset saya di Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, salah satu kampus  besar di Yogyakarta. Prodi Pendidikan Guru Sekolah dasar (PGSD) menjadi prodi tempat praktik saya, prodi tersebut di ketuai oleh Ibu Dra. C. Indah Nartani, M.Pd dan mendapat dosen pembimbing lapangan yaitu Bpk Wackhid Pratomo. M.Pd sekaligus dosen mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan (PKn), mata kuliah yang sesuai dengan konsenrasi yang saya ambil UNY. Mata kuliah praktik dan riset tidak langsung terjun kelapangan melainkan mendapat bimbingan dari dosen pengampu Bpk, Dr. Ali Mustadi, M.Pd, berupa penyusunan perangkat pembelajaran dan mempersiapkan mental dalam melaksanakan perkuliahan di PGSD.

Observasi awal dilaksanakan untuk mencari kendala atau permasalahan yang ada didalam perkulian PKn. Berdasarkan observasi awal memperoleh beberapa permasalahan, yaitu rendahnya keaktifan mahasiswa. Pada kesempatan berikutnya terjadilah kolaborasi dengan dosen lapangan untuk memilih metode yang tepat digunakan dalam pembelajaran berikutnya, metode yang dirasa tepat yaitu Problem Based Learning (PBL), metode tersebut diupayakan untuk meningkatkan keaktifan mahasiswa.

Jenis dari penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas memiliki empat tahapan yaitu; perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukan peningkatan aktivitas mahasiswa ketika menggunakan model pmeblejaran PBL.

 

Irfan Adi Nugroho, 15712251037

Kontak Kami

PROGRAM PASCASARJANA

Kampus Karangmalang, Yogyakarta 55281
Telp. +62274-550836 (front office), Hunting +62274-586168, Psw. 229; 285; & 367
Fax. +62274-520326
Website : 
http://pps.uny.ac.id
Contact Persons :

Sujarwo (081578886039)