You are here

Praktek Pembelajaran Mahasiswa Dikdas UNY di SDN Tlacap yang Mengembangkan Sekolah Ramah Anak

Mata kuliah praktek pembelajaran di SD (Sekolah Dasar) merupakan salah satu mata kuliah wajib yang harus ditempuh seluruh mahasiswa P2TK Pascasarjana Program Studi Pendidikan Dasar di UNY (Universitas Negeri Yogyakarta). Adapun tujuan yang ingin dicapai pada mata kuliah ini berdasarkan RPS (Rancangan Pembelajaran Semester) adalah sikap, pengetahuan, dan keterampilan mahasiswa. Sikap yang dimaksud, dengan harapan mahasiswa dapat memiliki sikap taqwa, percaya diri, dan bekerja keras dalam melaksanakan praktek pembelajaran di sekolah. Pengetahuan yang diharapkan dapat dicapai melalui mata kuliah ini adalah mahasiswa mampu menganalisis permasalahan riil disertai inovasinya dan mampu mempraktekan proses pembelajaran di SD yang meliputi perencanaan, pelaksanaan proses pembelajaran, penilaian  proses dan hasil belajar dengan menggunakan Lesson Study dan dengan didasarkan pada teori/konsep, prinsip-prinsip, prosedur, serta pengelolaan belajar dan pembelajaran di SD yang meliputi: landasan filosofis pendidikan sekolah dasar, landasan yuridis, landasan sosiokultural, landasan pedagogis khususnya belajar dan pembelajaran di SD, kompetensi guru SD untuk mewujudkan pembelajaran di SD yang lebih berkualitas serta mampu melaksanakan refkesi diri untuk perbaikan dan pengembangan secara berkelanjutan.

Berdasarkan tujuan yang ingin dicapai pada mata kuliah ini, beberapa mahasiswa memilih untuk bekerja sama dengan SD Negeri Tlacap sebagai salah satu tempat pelaksanaan praktek pembelajaran. Tujuan inipun mendapat sambutan hangat dari pihak sekolah yang memberikan izin kepada para mahasiswa untuk melaksanakan praktek pembelajaran di SD Negeri Tlacap. Sekolah ini merupakan salah satu sekolah yang menerapkan kebijakan ramah anak di Kabupaten Sleman.  Hal ini terlihat dari keadaan lingkungan sekolah yang nyaman serta hubungan yang harmonis antara guru dan murid. Hampir tak terlihat adanya tindak kekerasan dari guru ke murid ataupun sebaliknya. Lingkungan sekolah juga saling bekerjasama dengan orang tua dan masyarakat untuk meminimalkan pem-bully-an antar sesama murid sehingga sekolah ini menjadi tempat yang layak untuk pemenuhan hak-hak ansak dan terwujudnya anak yang sehat, cerdas, ceria, berakhlak mulia, dan cinta tanah air sesuai dengan  Permen PPPA No.8 Thn 2014 tentang Kebijakan Sekolah Ramah Anak.

Praktek yang dilaksanakan di SD Negeri Tlacap memberikan banyak pengalaman tersendiri bagi para mahasiswa diluar pengalaman yang telah didapat selama perkuliahan berlangsung. Keadaan lingkungan sekolah, suasana belajar, dan hubungan yang baik antara guru dan murid dapat menjadi bekal bagi para mahasiswa untuk mewujudkan keadaan sekolah yang sama dengan SD Negeri Tlacap setelah para mahasiswa kembali ke tempat kerja masing-masing. Dukungan dari Kepala Sekolah dan para Guru Pamong dalam membimbing mahasiswa selama melaksanakan praktek pembelajaran juga sangat membantu para mahasiswa untuk menyelesaikan praktek ini sesuai dengan tujuan yang telah dirancang sebelumnya.

Kontak Kami

PROGRAM PASCASARJANA

Kampus Karangmalang, Yogyakarta 55281
Telp. +62274-550836 (front office), Hunting +62274-586168, Psw. 229; 285; & 367
Fax. +62274-520326
Website : 
http://pps.uny.ac.id
Contact Persons :

Sujarwo (081578886039)