PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP IPS MAHASISWA S1-PGSD UST MELALUI METODE THINK PAIR SHARE

.

 

PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP IPS MAHASISWA S1-PGSD UST MELALUI METODE THINK PAIR SHARE

 

Riset dan Praktik Pembelajaran PGSD merupakan mata kuliah yang wajib ditempuh bagi calon akademisi prodi Pendidikan Dasar Pascasarjana UNY pada semester 2.  Tiga diantara enam tujuan dari mata kuliah ini adalah yang pertama untuk membekali mahasiswa berupa pengalaman riil mengobservasi, mengidentifikasi, dan menganalisis Learners’ Diversity mahasiswa serta permasalahan di lapangan sebagai dasar dalam menentukan riset dan praktek pembelajaran (merencanakan, melaksanakan pembelajaran, dan melakukan evaluasi/penilaian). Kedua, untuk memantapkan kompetensi profesional tenaga pendidik seorang akademisi dan kompetensi akademik keahlian melalui penyusunan perangkat pembelajaran berupa Silabus/RPS, SAP, media pembelajaran, bahan ajar, dan instrumen penilaian yang berorientasi pada High Order Thinking (HOT). Ketiga, untuk memantapkan kompetensi pedagogis secara langsung dengan melaksanakan proses pembelajaran yang meliputi kegiatan merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran secara terbimbing dan mandiri dengan bimbingan dosen pamong.

Kegiatan riset dan praktik pembelajaran PGSD dilakukan di ruang kelas 302 Gedung  PGSD FKIP UST Kampus 3 di Jl. Batikan No. 2 Yogyakarta. Selama kegiatan praktik dan riset PGSD di UST, praktikan mengajar mata kuliah Konsep Dasar IPS di kelas 2C yang diampu oleh ibu Kristi Wardani, M. Pd. Secara umum kemampuan akademisi kelas 2C cukup diatas rata-rata. Kelas 2C berjumlah 40 mahasiswa yang terdiri atas 9 orang laki-laki dan 31 orang perempuan, termasuk didalamnya ada mahasiswa semester atas yang mengulang mata kuliah Konsep Dasar IPS.

Riset dan praktik dilaksanakan pada bulan Februari 2018 sampai dengan bulan April 2018. Selama riset dan praktik itu berlangsung, praktikan mendapatkan bantuan dari berbagai pihak diantaranya dosen pamong, observer, dan mahasiswa kelas 2C. Dosen pamong dan observer senantiasa memerikan masukan dan saran ketika praktikan melakukan praktik pembelajaran yang kurang sesuai dengan konsep mata kuliah Konsep Dasar IPS yang dibelajarkan. Setelah riset dan praktik berlangsung selama kurang lebih sembilan kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep mahasiswa kelas 2C PGSD UST mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Tindakan berupa penerapan metode pembelajaran Think Pair Share (TPS) mampu meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa kelas 2C PGSD UST. Hal ini dibuktikan dengan kemampuan menjelaskan dan meragkum materi  perkuliahan konsep Dasar IPS yang mulai meningkat.

   Oleh:

Puji Rahmawati, S.Pd

Pendidikan Dasar Kelas D

                                                                               NIM 17712251084

  Universitas Negeri Yogyakarta