You are here

PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH UNIVERSITAS NEGERI ISLAM SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING

       Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta terus berinovasi dengan menggali dan mengasah kemampuan mahasiswanya. Mata kuliah Riset dan Praktik Pembelajaran PGSD merupakan mata kuliah yang wajib bagi mahasiswa Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta Program Studi Pendidikan Dasar, khususnya di semester 3. Mata kuliah tersebut diampu oleh Dr. Ali Mustadi, M.Pd dalam pelaksanaannya mahasiswa dibekali beberapa teori sebelum melakukan praktik di lapangan. Teori tersebut merupakan pijakan awal untuk merancang Rencana Pembelajaran Semester (RPS) dan Satuan Acara Perkulihan (SAP) yang nantinya akan digunakan pada saat praktik pembelajaran. Konsep dari mata kuliah ini adalah mengajarkan teori dan praktik tentang pembelajaran PGSD. Teori berkaitan dengan perangkat-perangkat yang disiapkan sebelum mengajar dan cara mengajar yang baik. Praktik merupakan realisasi dari teori yang sudah diajarkan guna untuk melatih dan membiasakan mahasiswa dalam berperan aktif baik dalam proses persiapan pengajaran maupun pada saat pengajaran. Mata kuliah ini juga diharapkan tidak hanya memberikan pengalaman secara teoritik saja, akan tetapi juga memberi dampak positif bagi semua pihak.

       Riset dan praktik pada kesempatan kali ini berlangsung selama lima kali pertemuan kelas matematika di Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah UIN Yogyakarta. Matematika sebagai salah satu ilmu dasar, dewasa ini telah berkembang amat pesat baik materi maupun kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari. Penguasaan matematika secara baik sejak dini perlu ditanamkan sehingga konsep-konsep dasar matematika dapat diterapkan dengan tepat dalam kehidupan sehari-hari. Dengan memakai konsep dasar matematika maka anak akan memiliki bekal untuk menguak perkembangan ilmu dan teknologi yang berkembang pesat dewasa ini.

      Riset dan praktik yang saya lakukan, saya memilih menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing agar mahasiswa lebih aktif dalam pembelajaran. Model pembelajaran ini dapat digunakan untuk memberikan konsep pemahaman materi yang sulit kepada siswa. Metode Snowball Throwing juga untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan dan kemampuan siswa dalam menguasai materi tersebut. Pada model pembelajaran Snowball Throwing siswa dibentuk menjadi beberapa kelompok. Dipilih ketua kelompok yang akan mewakili untuk menerima tugas dari guru. Masing-masing siswa membuat pertanyaan yang dibentuk seperti bola (kertas pertanyaan) lalu dilempar ke siswa lain kemudian siswa menjawab pertanyaan dari bola yang didapatkan.Snowball Throwing melatih siswa untuk lebih tanggap menerima pesan dari orang lain, dan menyampaikan pesan tersebut kepada temannya dalam satu kelompok. Lemparan pertanyaan menggunakan kertas berisi pertanyaan yang diremas menjadi sebuah bola kertas kemudian dilemparkan kepada siswa lain. Siswa yang menerima bola kertas lalu membuka dan menjawab pertanyaannya. Penerapan model pembelajaran snowball throwing dalam riset dan praktik ini kemudian dilihat apakah da peningkatan pada setiap pembelajaran, setelah diamati dengan menggunakan model snowball throwing mengalami peningkatan pada motivasi yang dialami mahasiswa menjadi semakin aktif. ( Atik Afiyati Purnamasari/15712251020)

Kontak Kami

PROGRAM PASCASARJANA

Kampus Karangmalang, Yogyakarta 55281
Telp. +62274-550836 (front office), Hunting +62274-586168, Psw. 229; 285; & 367
Fax. +62274-520326
Website : 
http://pps.uny.ac.id
Contact Persons :

Sujarwo (081578886039)