Penerjunan Praktik Pembelajaran di SD Negeri Berbah I

Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta Progam Studi Pendidikan Dasar S2 telah mengadakan kegiatan penerjunan mahasiswa dalam kegiatan praktik pembelajaran di sekolah dasar. Kegiatan itu merupakan media bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan dasar profesi dalam bidang kependidikan. Kegiatan praktik pembelajaran di sekolah dasar dilaksanakan dalam bentuk kegiatan praktik mengajar dan kegiatan edukasional lainnya di sekolah dasar. 

Sebelum melaksanakan kegiatan praktik diawali dengan penerjunan mahasiswa oleh Dosen Pengampu Dr. Ali Mustadi, M.Pd. Penerjunan kegiatan praktik pembelajaran dilaksanakan pada hari Kamis, 7 Februari 2019 di SD Negeri Berbah 1. Penerjunan di SD Negeri Berbah 1 merupakan salah satu rangkaian kegiatan penerjunan di beberapa sekolah dasar lainnya. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin tiap tahun yang diselenggarakan untuk memberikan pengetahuan kepada para mahasiswa yang akan mengikuti kegiatan praktik pembelajaran di sekolah dasar.

Rangkaian kegiatan dalam kegiatan praktik pembelajaran di sekolah dasar mahasiswa Pascasarjana Progam Studi Pendidikan Dasar Universitas Negeri Yogyakarta pada tahun ini adalah: (1) sosialisasi kegiatan praktik pembelajaran; (2) orientasi kuliah oleh dosen pengampu mata kuliah praktik; (3) Penerjunan mahasiswa ke SD mitra; (4) mengajar terbimbing; (5) mengajar mandiri; (6) ujian kegiatan praktik pembelajaran; (7) presentasi dan refleksi hasil praktik; (8) pelaporan ; dan (9) penarikan mahasiswa.