Penerjunan Mahasiswa Pascasarjana Dikdas UNY ke PGMI UIN Sunan Kalijaga untuk Melaksanakan Riset dan Praktikum Pembelajaran

Tahun ini Prodi Pendidikan Dasar (Dikdas) Pascasarjana UNY kembali mengirimkan mahasiswanya ke Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Pengiriman ini merupakan kesekian kalinya setelah ditandanganinya MOU antara kedua belah pihak sebelumnya. Pada tahun ini dikirimkan mahasiswa sebanyak enam orang, yang terdiri dari empat mahasiswa dan dua mahasiswi. Nama-nama mahasiswa yang dikirimkan antara lain: Adi Hastomo, S.Pd.., Galan Goldya, S.Pd., Ghani Muhammad Fauzi, S.Pd., Muhammad Fuazi, S.Pd., Nur Laely Maftukhah, S.Pd., dan Alfiahesty Choirotun Nafiah, S.Pd. Selain melakukan riset pembelajaran, mereka juga melakukan praktik pembelajaran di prodi PGMI.

Rombongan mahasiswa tersebut diserah terimakan langsung oleh Bapak Dr. Ali Mustadi, M.Pd. selaku Dosen Mata Kuliah Riset dan Praktik Pembelajaran PGSD/PGMI Pascasarjana Dikdas UNY kepada Ibu Dr. Sri Aninditya Nugraheni, M.Pd. selaku Kaprodi PGMI dan Dosen pengampu makul Bahasa Indonesia. Acara tersebut dihadiri juga oleh Bapak/Ibu Dosen Pengampu dari PGMI yang akan mengampu para Mahasiswa Dikdas di sana. Bapak/Ibu Dosen yang turut menghadiri acara penyambutan tersebut di antaranya: Dr. Hj. Asnafiyah, M.Pd. pengampu makul IPS, Bapak Dr. H. Sedya Santosa, SS., M.Pd. selaku pengampu makul IPS, dan  Ibu Fitri Yuliawati, M.Pd., Si. selaku pengampu makul IPA.

Riset dan praktik pembelajaran di PGMI ini waktu pelaksanaannya antara bulan Februari sampai dengan bulan Mei. Mahasiswa melakukan riset dan praktik pemebelajaran selama total minimal Sembilan kali pertemuan sesuai dengan makul konsentrasinya masing-masing. Praktik pembelajara tersebut terdiri dari minimal enam kali pertemuan terbimbing, dua pertemuan mandiri, dan satu pertemuan dinilai. Diharapkan para mahasiswa selain dapat melakukan riset dan praktik pembelajaran, juga dapat memberikan sumbangsih hasil risetnya terhadap kemajuan pembelajaran bagi prodi PGMI UIN Sunan Kalijaga.