PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN DENGAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA PGMI SEMESTER III UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

.Universitas Negeri Yogyakarta adalah kampus pendidikan yang dikenal banyak orang. Untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa Prodi Pendidikan dasar, Pascasarjana UNY memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk bisa praktek mengajar mahasiswa di kampus untuk konsentrasi akademisi dan praktek mengajar di SD untuk praktisi. Sri Undaryani, salah satu mahasiswa Pendidikan Dasar Pascasarjana UNY semester 3, diberi kesempatan untuk melakukan Riset dan Praktek Pembelajaran PGSD di Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, yang lebih dikenal dengan UIN Suka, dengan dosen pengampu mata kuliah Dr. Ch. Ismaniati, M.Pd. dan dosen pamong dari UIN Sunan Kalijaga Dr. Hj. Endang Sulistyowati, M.Pd.I., yang sekaligus pengampu mata kuliah Matematika II dan Pembelajarannya di UIN Suka. Sebelum mahasiswa terjun ke lapangan mahasiswa dibimbing dulu oleh Bu Chris, cara membuat perangkat mengajar seperti RPS, SAP, dan juga metode dalam mengajar.

Pada tanggal 6 Oktober 2015 sejumlah 4 mahasiswa Pendidikan Dasar diterjunkan untuk praktek di UIN Suka oleh ibu Dr. Ch. Ismaniati, M.Pd., dan diterima langsung oleh Kaprodi PGMI UIN Suka Sigit Prasetyo, M.Pd.Si. dengan baik. Observasi dilakukan tanggal 16 Oktober 2015. Hasil Observasi menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis mahasiswa PGMI pada mata kuliah Matematika masih kurang, dan metode pembelajaran yang digunakan masih berfokus pada dosen. Untuk itu, Sri Undaryani tertarik untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa UIN Suka dengan menerapkan strategi pembelajaran dengan Problem Based learning (PBL).

Jenis penelitian yang dilakulakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). PTK terdiri dari empat kegiatan yang dilakukan dalam siklus berulang. Empat kegiatan utama setiap siklus, yaitu (a) perencanaan, (b) pelaksanaan tindakan, (c) pengamatan, dan (d) refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di Fakultas Tarbiyah Program studi PGMI Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 3 - 27 November 2015, dengan subjek penelitiannya adalah mahasiswa PGMI semester III kelas B Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga yang berjumlah 22 siswa, yang terdiri dari 8 laki-laki dan 14   perempuan.

Hasil penelitian, menunjukkan kenaikan nilai rata-rata kelas spade Siklus I setelah adanya tindakan dari hasil pretes sebesar 68% naik menjadi 72% pada post test. Peningkatan rata-rata nilai mahasiswa mencapai 4%. Nilai yang dicapai masih dikategorikan rendah. Kemudian dilakukan siklus II, menunjukkan kenaikan dari siklus I yaitu hasil pre test sebesar 73%, naik menjadi 86% pada post test. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa PGMI semester 3 UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. (Sri Undaryani / Dikdas B / 14712251063).