PENERAPAN MODEL PENGAJARAN TERBALIK MAMPU MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENJELASKAN MAHASISWA PGSD

.

           Sebagai mahaasiswa akademisi diharuskan menempuh mata kuliah Riset dan Praktik Pembelajaran PGSD yang diampu oleh Bapak Dr. Ali Mustadi, M.Pd. Melalui mata kuliah ini diharapkan mampu mengasah dan mengembangkan keilmuan akademisi berupa pengetahuan, sikap dan juga keterampilan. Selain itu, mahasiswa juga mendapatkan pengalaman mengajar sebagai dosen dan peka terhadap permasalahan-permasalahan yang dihadapi mahasiswa pada jenjang perkuliahan. Pelaksanaan praktik dan riset dilaksanakan pada mahasiswa PGSD Universitas Ahmad DAhlan di Kampus V. Program riset dan praktik pembelajaran dilaksanakan pada semester II kelas 2A dengan subjek mata kuliah IPS Lanjut. Mata kuliah tersebut diampu oleh Ibu Laila Fatmawati, M.Pd. sekaligus sebagai dosen pamong. Kelas 2A memiliki mahasiswa berjumlah 46 mahasiswa, dengan jumlah laki-laki sebanyak 4 mahasiswa dan perempuan sebanyak 42 mahasiswa.

          Berdasarkan hasil observasi dan pengamatan yang telah dilakukan dengan mempertimbangkan keanekaragaman cara belajar mahasiswa, diperoleh fokus permasalahan pada pemahaman konsep IPS. Pada indikator pemahaman konsep dibatasi pada dua indikator saja salah satunya adalah kemampuan menjelaskan. Model pengajaran terbalik (reciprocal teaching) menjadi alternatif pilihan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Setelah dilakukan tindakan siklus I hingga siklus III hasil riset menunjukkan adanya peningkatan yang cukup baik terhadap kemampuan menjelaskan mahasiswa PGSD UAD. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model  Pengajaran Terbalik Mampu Meningkatkan Kemampuan Menjelaskan Mahasiswa kelas 2A PGSD Universitas Ahmad Dahlan.

Heti Murniayudi (177102251072)

Pendidikan Dasar Kelas D

Universitas Negeri Yogyakarta