PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA KULIAH KONSEP DASAR IPS PADA MAHASISWA IKIP PGRI WATES

Praktik Pembelajaran PGSD

Perkuliahan pada semester tiga Program Pascasarjana Prodi Pendidikan Dasar terdapat mata kuliah Riset dan Praktik Pembelajaran PGSD dengan dosen pengampu Dr. Haryanto. Proses perkuliahan pada mata kuliah tersebut mengharuskan seluruh mahasiswa Dikdas semester tiga untuk melaksanakan praktik mengajar di perguruan tinggi-perguruan tinggi mitra yang terdapat Prodi PGSD. Tujuan dari mata kuliah ini agar mahasiswa Pendidikan Dasar dapat mengikuti praktik mengajar di perguruan tinggi. Setiap mahasiswa mencari sendiri perguruan tinggi mitra yang terdapat prodi PGSD kemudian meminta izin langsung kepada Kaprodi atau Kajur PGSD perguruan tinggi mitra dengan memberitahukan konsentrasi yang diambil. Salah satu mahasiswa Dikdas UNY yang melaksanakan praktik mengajar di perguruan tinggi adalah Dewingga Fizzy Keni Pratam, S. Pd.

Perguruan tinggi yang memberikan izin untuk untuk praktik mengajar adalah IKIP PGRI Wates khususnya pada program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Kedatangan mahasiswa Program Pascasarjana UNY, khususnya program studi Pendidikan Dasar mendapatkan sambutan baik oleh pihak IKIP PGRI Wates karena dengan harapan mahasiswa calon dosen tersebut dapat mengetahui kondisi perkuliahan di Perguruan Tinggi. Pertama-tama mahasiswa diterima oleh Kaprodi PGSD yaitu Ibu Atika Dwi Evita Sari, M. Pd. kemudian diserahkan kepada dosen pamong yaitu Bapak Geyol Sugiyanto, M. Si. Sebelum mahasiswa terjun ke lapangan untuk mengajar, mahasiswa dibimbing terlebih dahulu oleh Dr Haryanto mengenai cara membuat perangkat mengajar seperti RPS, SAP, dan juga metode mengajar.

Terlebih dahulu mahasiswa melakukan observasi sebelum melaksanakan praktik pembelajaran. Hasil observasi menunjukkan bahwa kemampuan kerjasama dalam belajar mahasiswa IKIP PGRI Wates pada mata kuliah Konsep Dasar IPS masih kurang. Untuk  itu Sdri Dewingga Fizzy Keni Pratama, S. Pd. tertarik untuk meningkatkan kerjasama dan prestasi belajar mahasiswa IKIP PGRI Wates menggunakan metode pembelajaran tipe jigsaw. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). PTK terdiri dari empat kegiatan yang dilakukan dalam siklus berulang. Empat kegiatan utama setiap siklus, yaitu (a) perencanaan, (b) pelaksanaan tindakan, (c) pengamatan, dan (d) refleksi. Penelitian ini dilaksanakan diPGSD IKIP PGRI Wates. Penelitian dilakukan pada tanggal 20 Oktober 2015- 17 November 2015, dengan subjek penelitian mahasiswa PGSD semester I kelas A IKIP PGRI Wates. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kerjasama belajar mahasiswa kelas A IKIP PGRI Wates yang sedang menempuh Mata Kuliah Konsep Dasar IPS semester I mengalami peningkatan melalui penerapan model pembelajaran tipe jigsaw. (Dewingga Fizzy Keni Pratama/ Dikdas C/ 14712251077).